Lawan Corona, Belasan Ton Cairan Disinfektan Disemprotkan di Ruas Jalan Tanjungpandan

by -
Lawan Corona, Belasan Ton Cairan Disinfektan Disemprotkan di Ruas Jalan Tanjungpandan
Aparat kepolisian saat menyemprotkan cairan disinfektan, di ruas Jalan Tanjungpandan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung dan instansi di Negeri Laskar Pelangi, menyatakan perang terhadap virus Corona (Covid-19). Untuk membasmi virus tersebut, belasan ton cairan disinfektan disemprotkan ke ruas jalan yang ada di Kecamatan Tanjungpandan, Selasa (31/3) kemarin.

Penyemprotan ini menggunakan tiga kendaraan. Dua di antaranya mobil AWC milik Polres Belitung dan Brimob, serta satu mobil Damkar milik Pemda. Sebelum melakukan penyemprotan sejumlah instansi menggelar apel gelar pasukan di Polres Belitung.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, penyemprotan ini merupakan upaya pencegahan Covid-19. Saat ini, masyarakat dihadapkan dalam situasi perang. Yakni melawan musuh yang tak nampak.

Dijelaskan Isyak, penyemprotan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Termasuk di Kabupaten Belitung. Kegiatan penyemprotan di wilayah Tanjungpandan merupakan inisiasi dari Mabes Polri, yang turun ke Polres Belitung.

“Ini juga merupakan upaya dari Pemda dan Polres Belitung untuk memerangi Covid 19. Sehingga masyarakat tidak perlu takut dengan adanya virus tersebut,” ungkap Isyak Meirobie, usai kegiatan penyemprotan.

Isyak menambahkan, penyemprotan ini dilakukan juga bertujuan memutus rantai peredaran Covid 19. Apalagi, Senin (30/3) lalu, telah ditetapkan satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif Covid-19. “Dinyatakan positifnya satu orang kemarin, membuat status Belitung yang awalnya Hijau (Zero Corona) menjadi merah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Mabes Polri untuk melakukan penyemprotan. Kata Ari, untuk anggota melibatkan Jajaran TNI, Polri dan unsur pemerintahan.

“Untuk kegiatan hari ini, kita laksanakan serentak. Ke depan, kita akan akan kembali melaksanakan penyemprotan yang sama,” ungkap pria Jebolan Akademi Kepolisian (AKPOL) 2000 kepada Belitong Ekspres. (kin)

Editor: Yudiansyah