Layak Jadi Icon Pilkada Damai Nasional

by -

MANGGAR – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah selesai dilaksanakan. Bahkan, hasil yang tergambar dalam persentase juga telah menghasilkan perkiraan pasangan calon pemenang sementara.

Banyak pihak menganggap hasil Pilkada Beltim sangat layak jadi ikon damai Pilkada serentak secara nasional. Salah satunya, apresiasi yang diberikan Ketua DPRD Beltim, Tom Haryono Harun.

“Saya mengatasnamakan, DPRD Beltim, sangat mengapresiasi baik kepada 3 paslon, aparat keamanan, KPUD, Panwas maupun masyarakat umum serta Timses. Jadi meskipun kite penuh dengan pernik-pernik tapi mereka punya komitmen sama bagaimana melaksanakan pesta demokrasi dengan aman tertib dan lancar,” ungkap Tom Haryono kepada Belitong Ekspres, seusai rapat paripurna di gedung DPRD Beltim, Senin (14/12) kemarin.

Karenanya, Tom mengharapkan hasil Pilkada tidak lagi memunculkan perbedaan antar pihak. Ia mengajak seluruh pihak bersatu dan melupakan masa lalu.

“Maksud saya kalau sudah selesai, pemenang sudah terpilih walau sementara jadikan perbedaan yang pernah ada lebih baik dan tidak usah diungkit-ungkit lagi. Saya masih lihat di medsos saling tuding, sebaiknya tidak usah lagi,” ujar Tom.

Tom menginginkan para pihak yang pernah berseberangan kembali fokus dan membiarkan tahapan Pilkada selesai sampai pelantikan pasangan terpilih.

“Sekarang saatnya untuk fokus, tahapan ini berjalan apa yang sudah dijadwalkan KPU sampai dengan pelantikan. Semoga saja pilihan rakyat ini memberikan hal-hal yang lebih baik bagi Beltim ke depan,” ingin Tom.

Meski demikian, Tom menyadari bahwa tipe pimpinan daerah pasti berbeda. Kekurangan dan kelebihan tiap pemimpin akan memberi warna kepemimpinan itu sendiri.

“Lain orang kan lain karakternya, plus minus pasti ada. Intinya mereka yang terpilih tidak jumawa, sehingga yang kalah lapang dada. Dengan berakhirnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini, Pj Bupati juga lebih fokus menyelesaikan tugasnya, baik menyelesaikan administrasi maupun APBD 2016,” sebut Tom. (feb)