Layanan Tatap Muka di Dinas Dukcapil Beltim Masih Dikaji

by -
Layanan Tatap Muka di Dinas Dukcapil Beltim Masih Dikaji
Ilustrasi Batampos

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pelayanan tatap muka bagi warga yang mengurus dokumen kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Belitung Timur (Beltim) direncanakan dibuka kembali. Namun rencana tersebut masih menunggu hasil kajian SOP new normal yang dijadwalkan awal Juli mendatang.

Plt Kepala Dinas Dukcapil, Oktori menjelaskan layanan tatap muka memang sempat terhenti akibat kekhawatiran penyebaran Covid-19 di Beltim. Sebagai gantinya, Dukcapil memberlakukan pelayanan secara online.

Menurutnya secara umum pelayanan secara online memang tidak ada kendala. Hanya saja dengan adanya rekomendasi untuk new normal Disdukcapil Beltim pun harus melakukan kajian SOP yang nantinya disampaikan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Beltim.

“Untuk menjalankan pelayanan tatap muka ini, kami masih menunggu instruksi juga, tapi kan ada OPD yang sudah jalan sendiri mengunakan SOP. Kalau itu memang memungkinkan kami bisa juga membuat SOP sendiri sesuai SOP yang dianjurkan oleh gugus tugas,” ujar Oktori kepada wartawan.

Menurutnya selain SOP, ada juga standar kesehatan, dan prosedur yang harus ditaati. Dia mengatakan yang kemungkinan agak merepotkan yakni prosedur di masyarakatnya, yang mana biasa masyarakat datang di waktu hampir bersamaan. “Nanti dianjurkan tidak bergerombol, mereka bergerombol repotnya kan disitu nantinya, untuk perlu pengkajian lebih dulu,” ujarnya. (msi)

Editor: Yudiansyah