Lebaran, Objek Wisata Jadi Serbuan

*Kapolsek Sijuk: Isu Pungli yang Merebak itu Hoak

foto-B.-Bukit-Peramun

Suasana wisatawan yang menikmati libur lebaran di objek wisata Bukit Peramun, Sijuk.

SIJUK – Sabtu (1/7) akhir pekan lalu, sejumlah objek wisata di Kecamatan Sijuk diserbu ribuan pengunjung. Tempat Wisata Alam Bukit Peramun, Wisata Pulau Kulong, Wisata Mangrove Kuale Sijuk, Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang nampak ramai dikunjungi wisatawan.

RajaBackLink.com

Pantauan Belitong Ekspres di lokasi, wisatawan nusantara dan mancanegara (Wisnu-Wisman) begitu menikmati keindahan alam di Belitung. Momen libur Lebaran 1438 Hijriah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bahkan beberapa turis asing sempat terlihat di Pantai Tanjung Tinggi.

Semenjak Presiden Joko Widodo menetapkan Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dari 10 destinasi prioritas di tanah air. Perlahan objek-objek wisata baru mulai bermunculan. Setiap desa terlihat mengembangkan potensi yang ada di wilayah masing-masing. Misalnya Wisata Alam Bukit Peramun dan Wisata Pulau Kulong.

Dua tempat wisata di Desa Aik Selumar itu berhasil manarik perhatian wisatawan. Begitu pula Wisata Mangrove Kuale Sijuk, di Desa Sijuk. Wisata alam yang dikelola oleh kelompok masyarakat ini, juga tak kalah memikat pengunjung. Malah banyak wisatawan yang tak ingin melewatkan kesempatannya untuk berpose di objek wisata tersebut.

Baca Juga:  Libur Sekolah, 2074 Orang Kunjungi Museum

“Alhamdulilah selama libur lebaran pengunjung di sini (Wisata Mangrove Kuale Sijuk) cukup ramai. Biasanya usai ke objek wisata lain, baru mereka ke sini. Setelah ke Bukit Peramun atau Tanjungtinggi, baru ke sini,” kata salah satu petugas Mangrove Kuale Sijuk saat berbincang bersama media harian ini di Area Parkir.

Banyaknya pengunjung juga terlihat di Pantai Tanjung Tinggi. Sebutan liburan keluarga sangat terasa di salah satu tempat lokasi syuting Film Laskar Pelangi ini. Wisnu-Wisman nampak menghiasi di tempat wisata bebatuan granit besar itu.

“Kalau kami (masyarakat setempat) mengelola dan ikut menjaga membantu di sini mulai hari kedua lebaran. Alhamdulillah kendaraan-kendaraan pengunjung terlihat tersusun dengan rapi. Kalau sampah setiap pagi selalu kami bersihkan,” kata Sudarmo, selaku koordinator lapangan Pantai Tanjung Tinggi sembari melihatkan video dihandphonenya saat petugas bersih-bersih pantai.

Ia menyebutkan, adapun karcis parkir kendaraan dan karcis masuk ke Pantai Tanjung Tinggi. Jauh-jauh hari pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT. Renati termasuk meminta izin pengelolaan sementara waktu. Sudarmo mengatakan karcis-karcis tersebut juga sudah di porporasi pemerintah daerah melalui dinas terkiat.

Baca Juga:  Libur Sekolah, 2074 Orang Kunjungi Museum

“Kalau karcis motor Rp3 ribu, karcis mobil Rp5 ribu dan karcis masuk Rp5 ribu perorangnya. Tiket tersebut sudah diporporasi. Pajak tetap kita setor ke daerah. Lainnya nanti akan kita sumbangkan untuk pembangunan (rehab,red) masjid di desa kami,” jelasnya sambil menunjukkan karcis yang telah di porporasi. Petugas semuanya berjumlah sekitar 60 orang.

Sementara itu, Kapolsek Sijuk Iptu Ponijan menyatakan, untuk sementara suasana libur lebaran di wilayah Kecamatan Sijuk, tertib, lancar dan aman. Walaupun beberapa waktu lalu sempat terjadi kecelakaan yang tidak diduga. Namun hal tersebut sudah diatasi. Kejadiannya di luar kawasan objek wisata Tanjungtinggi. Indikasinya lemahnya pengawasan oleh pihak keluarga.

“Hingga saat ini semua tempat kunjungan wisata di Kecamatan Sijuk aman. Adapun isu-isu (pungli) yang merebak di media sosial/beredar di masyarakat, itu hoax.  Begitu juga soal sampah, setiap pagi sudah dibersihkan. Tinggal kesadaran untuk sama-sama menjaga kebersihan. Yang jelas apapun yang diperlukan masyarakat kita siap membantu. Terutama di Kecamatan Sijuk. Termasuk membantu membersihkan lokasi-lokasi wisata,” tandasnya.(i1s)

Rate this article!
Tags:
author

Author: