Leksikal Hadirkan FGD Jelang Pilkada Beltim

by -
Leksikal Hadirkan FGD Jelang Pilkada Beltim - 2
Suasana kegiatan FGD Outlook Demokrasi Babel, Refleksi dan Proyeksi Pilkada Beltim tahun 2020 yang digelar Leksikal Babel, Senin (30/12/2019).

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Leksikal Bangka Belitung menggelar Focus Discussion Grup (FGD) mengangkat tajuk Outlook Demokrasi Babel, Refleksi dan Proyeksi Pilkada Beltim tahun 2020, Senin (30/12/2019). Kegiatan FGD menghadirkan senator asal Bangka Belitung, Hudarni Rani, dan sejumlah pemangku kepentingan di Kabupaten Beltim.

Ketua Leksikal Bangka Belitung, Marwansyah, menganggap, FGD menjelang Pilkada Beltim 2020 sangat penting. Sebab seluruh pihak yang akan terlibat tentu berharap Pilkada Beltim menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan memenuhi harapan masyarakat.

“Berdasarkan pengalaman penyelenggara pemilu terutama Bawaslu dan KPU di pemilu maupun Pilgub, saya pikir bisa menjadi pengalaman berharga untuk pelaksanaan Pilkada 2020 bisa berlangsung sesuai harapan kita semua yakni Luber Jurdil,” ujar Marwansyah, seusai FGD, Senin (30/12/2019).

Marwansyah menganggap momentum akhir tahun tepat untuk menilai utuh proses tahapan yang sudah dimulai penyelenggara pemilu. Salah satunya dengan pembentukan kepanitiaan adhoc jajaran Bawaslu maupun KPU.

“Saya pikir momentumnya tepat di akhir tahun 2019 dan kemudian memasuki 2020 hingga kita bisa melihat secara utuh. Mengingat tahapan program dan jadwal Pilkada sudah dimulai, sekarang memang di KPU dan Bawaslu mungkin bulan depan pembentukan PPK. Sebagaimana Bawaslu yang telah membentuk Panwascam,” kata Marwansyah.

Masih menurut dia, FGD menjadi penting karena penyelenggara sebagai yang punya hajatan. Kepercayaan publik akan tinggi jika penyelenggara bekerja dengan kapasitas, integritas yang baik dan juga kemampuan optimal.

“Dengan adanya kegiatan semacam ini bisa mendrill penyelenggara agar bisa bekerja lebih baik dan bersemangat. Kalau soal kandidat, kita tidak sampai kesana tapi dibatasi sampai konteks penyelenggara saja,” tegas Marwansyah.