Lima Kabupaten/Kota di Babel Raih Penghargaan Peduli HAM

by -
Lima Kabupaten/Kota di Babel Raih Penghargaan Peduli HAM
Penghargaan sebagai rangkaian peringatan Hari HAM Sedunia ke-72. (foto ist)

belitongekpres.co.id, PANGKALPINANG – Lima kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meraih penghargaan Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan ini sebagai rangkaian peringatan Hari HAM Sedunia ke-72.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman yang sudah membina kabupaten/kota, sehingga daerah ini berhasil mendapatkan penghargaan peduli HAM tahun ini,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Anas Saeful Anwar di Pangkalpinang, Senin (14/12).

Ia mengatakan lima kabupaten/kota yang meraih penghargaan daerah peduli HAM pada peringatan Hari HAM Sedunia 2020 bertemakan “Recover Better, Stand Up For Human Rights” yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Belitung dan Kota Pangkalpinang.

“Lima dari tujuh kabupaten/kota di Babel meraih penghargaan, sementara dua kabupaten lainnya, yaitu Bangka Selatan dan Belitung Timur cukup HAM,” kata Anas.

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. “Selamat bagi kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan. Ini harus kita pertahankan. Ini juga tantangan ke depannya,” katanya.

Dia mengungkapkan, penilaian publik berdasarkan HAM yang mendapat penghargaan yaitu Lapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang, Rutan Kelas 2B Muntok, Balai Permasyarakatan (Bapas) Kelas 2 Pangkalpinang, dan Kantor Imigrasi kelas 2 TPI Tanjung Pandan.

“Pada peringatan Hari HAM ke-72 tahun ini, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, tercatat 432 kabupaten/kota, atau sekitar 84 persen, telah berpartisipasi mengajukan data capaian untuk dinilai pada kabupaten dan kota peduli HAM. Dari jumlah partisipan tersebut, hanya 272 kabupaten/kota yang berhasil mendapatkan penghargaan,” katanya. (ant)