Lintas Bukit Betung 102 Peserta, Gaple 498 Orang

by -

SUNGAILIAT – Sebanyak 102 peserta mengikuti lomba lintas alam Bukit Betung dilepas Bupati Bangka yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Arman Agus, Minggu (19/4) di Halaman Kantor Bupati Bangka. Kegiatan lintas alam Bukit Betung ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sungailiat ke-249 dan diikuti oleh berbagai kategori yakni pelajar, mahasiswa, umum dan juga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik instansi maupun vertikal mulai dari TNI, RRI Sungailiat, Saka Bhayangkara dan juga Laskar Sekaban.
Arman yang juga sebagai Ketua Panitia HUT Kota Sungailiat mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu cara kita mencintai lingkungan selain berolahraga juga. “Saya harap para peserta mematuhi aturan yang telah ditetapkan, dan selalu mengikuti rute yang ditentukan,” ingat Arman. Selain itu juga, ia mengingatkan para peserta untuk tetap menjaga hutan dan tidak membuang sampah di kawasan hutan. “Sampah tidak dibuang sembarangan, dan silahkan nikmati kesejukan dan keindahan serta keasrian hutan Bukit Betung,” ungkapnya.
Kegiatan lintas alam ini melalui rute mulai dari Jalan Ahmad Yani, menuju jalan Diponegoro, ke arah kaki Bukit Betung lewat gang sepakat dan melewati lima pos serta finis kembali di Halaman Kantor Bupati Bangka. “Peserta akan melalui lima pos dan setiap pos harus diketahui dan ditandatangani penjaga yang telah siap di pos masing-masing, dan peserta juga diminta juga untuk memberikan saran dan pendapatnya tentang apa yang ditemui selama perjalanan lintas alam,” tukas mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.
Sementara itu, salah satu peserta Bondi (30) yang tergabung dalam group Setda Bangka, mengungkapkan dirinya mengikuti lintas alam ini, selain olahraga, juga untuk menguji ketahanan tubuh dan mental. “Memacu adrenalin juga, dan menjaga kekompakan antar teman, sehingga bisa mewujudkan kebersamaan,” ujarnya yang baru kali pertama mengikuti lintas alam.  Selain itu juga, dirinya memang hobi yang sifatnya petualangan. “Saya antusias dan berharap bisa sampai finis nantinya,” harap Bondi yang juga ikut lomba MTQ dan adzan ini. Kegiatan pembukaan lintas alam Bukit Betung ini dihadiri juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Teddy Sudarsono, Kabag Humas, PDE dan Santel, Boy Yandra, Kabag RT dan Protokol, Arifin.
Sementara, masih dalam rangkaian HUT Sungailiat. Panitia juga menggelar pertandingan gaple di Terminal Sungailiat. Sebanyak 249 pasangan peserta, ikut memeriahkan acara ini. “Alhamdulillah animo dan respon dari masyarakat terhadap pertandingan gaple sangat baik. Peserta yang mendaftar keseluruhan berjumlah 249 pasangan (498 orang) dari dalam maupun luar Kabupaten Bangka, dari jumlah tersebut 4 pasangan dari Kabupaten Bangka Tengah, 6 pasangan dari Kabupaten Bangka Selatan, dan 2 pasangan dari Kabupaten Belitung,” ungkap Bandrin selaku ketua panpel pertandingan gaple.
Dikatakannya lagi, dalam pertandingan gaple tersebut dari 249 peserta dibagi menjadi 8 group (A-H), dan akan digelar selama 10 hari sejak pembukaan hingga selesai. “Mudah-mudahan kegiatan pertandingan gaple dapat berjalan lancar dan dapat digelar setiap tahunnya” harapnya. Ditambahkannya, agar pertandingan gaple bertambah menarik dan meriah. Pihak panitia telah menyediakan berbagai hadiah utama dan hiburan bagi para juara, bekerjasama dengan pihak sponsor PT Tunas Dwipa Mitra. “Bagi juara 1 akan mendapatkan hadiah 2 unit sepeda motor Revo fit, juara 2 diberikan hadiah 1 unit sepeda motor revo fit, juara 3 mendapatkan hadiah uang senilai 8 juta, juara 4 diberikan hadiah uang senilai 5 juta, sedangkan juara 5, 6, 7 dan 8 masing-masing mendapatkan hadiah hiburan berupa uang senilai 1 juta rupiah,” pungkasnya.(rel)