Lirik Peluang di Pilkada

by -

PANGKALPINANG – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) memastikan akan berpartisipasi di pesta demokrasi empat kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kendati tak mengusung kader, Perindo melirik peluang berkoalisi dengan partai politik (parpol) lainnya di pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015.
Wakil Sekretaris Bidang Hubungan Luar Negeri Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perindo, Fathorahman menjelaskan, menyambut pilkada di kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Bangka Barat (Babar), Bangka Selatan (Basel) dan Belitung Timur (Beltim), DPP menyerahkan sepenuhnya kepada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang mengetahui situasi politik di daerah.
“DPW Perindo Babel tahu mana yang ada potensi. Syukur-syukur ada kader kita yang diusung, kemudian berminat untuk berkoalisi. DPP akan suport DPW dalam artian jika ini memang dibutuhkan masyarakat,” jelasnya ketika berkunjung ke Babel beberapa hari yang lalu.
Dia menambahkan, partisipasi sebagai parpol di pilkada, Perindo pastinya ikut aturan karena belum terverifikasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Walaupun tidak bisa mengusung, tetapi ada jalur independen dan jalur koalisi. Ini tidak membatasi kita untuk berpartisipasi di pilkada,” tuturnya.
Ia menjelaskan, bahwa kehadiran Perindo sebagai parpik tidak hanya untuk melengkapi konsestan peserta pemilu, akan tetapi untuk meraih kemenangan dalam rangka mewujudkan cita cita Indonesia yang sejahtera.
“Itu target utama kita untuk verifikasi pemilu sebagai syarat di Undang-undang dalam hal verifikasi parpol. Untuk itu kita meninjau kesiapan DPW Perindo Babel membentuk DPd di kabupaten/kota . Kita ucapkan terima kasih kepada DPW yang sudah bersinergi dengan DPP, keberhasil di Babel merupakan keberhasilan nasional. Tanpa Babel, nasional tidak bisa berbuat apa-apa,” jelasnya.
Untuk diketahui sebelumnya, setelah resmi mendeklarasikan diri sebagai parpol di tanah air, Perindo Babel mulai kebut membentuk kepengurusan di tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten/Kota. Di Babel, Perindo terus memantangkan kepengurusan. Partai besutan Hary Tanoesodibjo ini telah mengagendakan melakukan pembentukan struktur organisasi partai.         “Kami ingin dalam waktu dekat sudah terbentuk pengurus tersebut. Penyusunan struktur mulai dari DPD seluruh kabupaten/kota se-Babel hingga pengurus partai di tingkat kecamatan atau ranting,” imbuhnya.
Ia juga menjelaskan, para penerima mandat ini diminta untuk menyelesaikan kepengurusan tingkat DPD. “Animo masyarakat begitu besar untuk menjadi pengurus di DPW, baik itu dari kalangan pengusaha, tokoh masyarakat, agama maupun pemuda. Kami memang kerja cepat, namun tetap berkualitas,” kata Aliong.        Meskipun baru dan belum terverifikasi sebagai parpol, Aliong optimis Perindo bisa besar dan mampu bersaing dengan partai lainnya. “Sesuai misi kita untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik, kita ingin sinergi,” tandasnya. (iam)