Literasi Harus Mampu Menjawab Tantangan Reformasi Industri 4.0

by -6 views
Literasi Harus Mampu Menjawab Tantangan Reformasi Industri 4.0

Literasi Harus Mampu Menjawab Tantangan Reformasi Industri 4.0

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kantor Bahasa Kemendikbud RI Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar Festival Literasi Senin (21/10) kemarin di Hotel Billiton Belitung. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Babel Abdul Fatah.

Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Badan dan Kepala Kantor Bahasa Kemendikbud RI atas dilaksanakannya Festival Literasi di Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Menurutnya, literasi merupakan sebuah kunci kemajuan suatu bangsa. Namun sayang Indonesia masih termasuk negara yang tingkat kemampuan membaca masih rendah, sehingga diperlukan kerja keras untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Dia mengatakan Kementerian Pendidikan juga mengajak untuk mendorong agar para pendidik untuk memahami makna literasi tidak sebatas membaca, tetapi juga memahami apa yang dibaca.

“Tantangan dalam penguatan literasi tidak lagi soal kemampuan membaca dan memahami, tapi literasi harus mampu menjawab tantangan di era reformasi industri 4.0 seperti sekarang ini,” ujarnya.

Program literasi kata Wagub, harus mampu menjawab tantangan tersebut dan tidak ada kata lain selain mampu menghadirkan SDM yang menguasai T.I.K. Literasi harus bergeser dari pola pikir manual sistem menjadi digitalisasi.

Metode literasi tidak lagi sebatas membaca dan memahami, tapi harus masuk dalam ruang literasi digital. Sehingga mampu melahirkan karya digital dan peningkatan SDM. “Membaca, memahami dan menguasai teknologi digital artinya kita siap masuk pusaran revolusi industri 4.0. Kecepatan menyerap informasi dan kemampuan mengkomunikasikan semuanya adalah modal dasar pada revolusi industri 4.0,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *