Liverpool Menjadi Raja di Eropa dan Dunia

by -
Liverpool Menjadi Raja di Eropa dan Dunia
Liverpool ketika merayakan juara Liga Champions musim lalu. (EPA-EFE/PETER POWELL)

belitongekspres.co.id – Sulit disangkal bahwa 2019 menjadi tahunnya Liverpool. Memang, mereka masih gagal menjuarai Premier League yang lama dinantikan, tapi juara Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub merupakan prestasi yang luar biasa. Berikut capaian mereka selama 2019.

Piala FA 2018-2019
Liverpool memang tidak menjadikan Piala FA sebagai target mereka. Juergen Klopp juga tidak turun dengan pasukan terbaiknya. Alhasil, klub berjuluk The Reds itu tersingkir pada babak ketiga oleh Wolverhampton Wanderers dengan skor 1-2 pada 7 Januari 2019.

Liga Champions 2018-2019
Liverpool juara dengan mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 dalam final di Wanda Metropolitano, Madrid, pada 1 Juni 2019. Namun, itu bukanlah momen emas mereka selama Liga Champions. Sebab, Liverpool lebih diingat akan come back luar biasa pada second leg semifinal dengan mengalahkan Barcelona 4-0.

Premier League 2018-2019
Sebenarnya Liverpool tampil luar biasa di Premier League. Mereka hanya sekali kalah sepanjang musim 2018-2019. Namun, Manchester City masih lebih konsisten dalam meraup angka. Liverpool akhirnya finis di urutan kedua dengan hanya tertinggal satu angka di belakang City.

Piala Dunia Antarklub 2019
Datang sebagai jagoan Eropa, tentu saja Liverpool lebih diunggulkan. Namun, juara tak didapatkan dengan mudah. Mereka butuh gol penentu pada injury time di semifinal melawan Monterrey yang berakhir 2-1. Mereka juga butuh gol pada perpanjangan waktu di final saat mengalahkan Flamengo. (jpg)

Artikel ini sudah dimuat di jawapos.com dengan judul Kaleidoskop 2019: Liverpool Menjadi Raja di Eropa dan Dunia