Livery ‘Let’s Go To Belitung’, Komitmen AirAsia untuk Promosikan 10 Bali Baru

by -
Peresmian Livery ‘Let’s Go To Belitung

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – AirAsia meresmikan livery terbarunya bertajuk ‘Let’s Go To Belitung’ di Bandar Udara Internasional H. AS Hanandjoeddin, Tanjungpandan, Rabu (19/2). Peluncuran livery yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung guna mempromosikan destinasi Belitung sebagai salah satu dari 10 Bali Baru.

Acara peresmian turut dihadiri oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Direktur Pemasaran Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Vinsensius Jemadu; Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Tanjung Pandan Nanang Novianto Saputro, bersama Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh menyambut baik peluncuran livery khas Belitung ini. Mewakili masyarakat Belitung, pihaknya merasa sangat bangga mengetahui bahwa keindahan Belitung menjadi salah satu dari dua livery khas destinasi yang dimiliki oleh AirAsia hingga saat ini.

“Dengan dibukanya penerbangan internasional AirAsia ke Kuala Lumpur sejak Oktober lalu tidak hanya membuat pariwisata Belitung semakin menggeliat, namun hal ini juga semakin menegaskan status bandara H. AS Hanandjoeddin sebagai bandara internasional,” kata Bupati Belitung.

Sementara itu, CEO Air Asia Indonesia Vera Nita Yosephine memuji Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung yang selalu pro aktif dalam merangkul Perusahaan Penerbangan untuk bersama-sama mendorong perkembangan dan kemajuan destinasi pariwisata di Belitung.
Dikatakannya, Belitung merupakan destinas yang sangat terkenal di Indonesia. Oleh sebab itu, pihaknya sangat berbangga hati untuk melayani penerbangan dari dan ke Belitung untuk meningkatkan aktivitas perekonomian.

“Sebagai daerah tujuan destinasi pariwisata yang terkenal luas di Indonesia, kami Air Asia Indonesia sangat berbangga hati untuk melayani penerbangan dari dan ke Belitung,” kata Vera Nita Yosephine saat membuka acara peresmian Livery Belitung AirAsia Rabu (19/2) kemarin di Bandara HAS. Hanandjoeddin Belitung.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada unsur Forkompinda, stakeholder dan masyarakat Belitung yang selalu menjaga dan mendukung perkembangan kemajuan pariwisata Belitung. “Hari ini kita bersama-sama memiliki satu tujuan nyaitu melancarkan dan mendukung promosi pariwisata serta indahnya pulau Belitung,” ujarnya.

Belitung kata dia merupakan destinas yang ke 20 untuk Air Asia terbangi dengan rute penerbangan domestik di Indonesia. Pariwisata merupakan tugas bersama. Sebagai maskapai berbiaya hemat dan juga maskapai dengan jaringan terluas di Asia Pasifik, secara grup

AirAsia mengambil peranan untuk membuka pasar baru. “Livery Les Go Belitung merupakan komitmen jangka panjang Air Asia untuk mempromosikan Belitung untuk lebih besar lagi,” pungkasnya.

Veranita Yosephine Sinaga selaku Direktur Utama AirAsia Indonesia juga menyampaikan, sangat berterima kasih atas dukungan serta kerja sama seluruh pihak yang telah membantu merealisasikan livery ini. Selain memperkuat konektivitas dengan rute ke Kuala Lumpur dan Jakarta, livery ‘Let’s Go To Belitung’ ini merupakan wujud komitmen jangka panjang AirAsia dalam mempromosikan Belitung sebagai salah satu destinasi 10 Bali Baru.

“Dengan adanya 13 destinasi Asia Pasifik yang terhubung ke Belitung melalui layanan fly-thru kami via Kuala Lumpur, semoga dunia semakin mengenal pariwisata Indonesia melalui keindahan Belitung, sehingga semakin banyak dikunjungi wisatawan,” ujar Veranita.

Desain livery pada pesawat Airbus 320-200 ini terinspirasi oleh beragam tempat ikonik Belitung yang dikemas dalam warna-warna biru, jingga, dan kuning yang melambangkan pantai sebagai salah satu daya tarik pariwisata setempat. Sejumlah ikon pariwisata yang ditampilkan pada livery tersebut, antara lain Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Air Terjun Gurok Pakuk, dan juga fauna identitas provinsi Bangka-Belitung yaitu Tarsius.

AirAsia telah mengoperasikan rute penerbangan yang menghubungkan Belitung – Jakarta sejak 1 Oktober 2019 dan rute langsung internasional Belitung – Kuala Lumpur sejak 2 Oktober 2019. Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru AirAsia, ikuti AirAsia di Twitter (twitter.com/AirAsia_Indo), Facebook (facebook.com/AirAsia) dan Instagram(instagram.com/AirAsia_BhsIndonesia).

Membawa Multiplier Effect

Direktur Pemasaran Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Vinsensius Jemadu menyampaikan, terima kasih atas kontribusi AirAsia terhadap pariwisata Indonesia. Satu fakta yang mungkin belum banyak diketahui, bahwa AirAsia adalah grup maskapai yang paling banyak menerbangkan wisatawan mancanegara ke tanah air, dengan harga tiket yang selalu terjangkau.

“Dan saya yakin dengan livery ‘Let’s Go To Belitung’ ini, akan semakin banyak lagi wisman yang mengenal pariwisata Belitung dan datang berkunjung. Kita harapkan hal ini membawa multiplier effect bagi seluruh stakeholder di Belitung,” katanya kepada Belitong Ekspres usai acara peresmian ‘Let’s Go To Belitung, Rabu (19/2) kemarin.

Menurut Vinsensius, Belitung menjadi salah satu pintu destinasi prioritas untuk mengimbangi tiga pintu utama kontributor besar pariwisata di Indonesia yaitu Bali, Jakarta, dan Kepulauan Riau. “Belitung memiliki potensi yang luar biasa, bukan hanya dari sisi pariwisata alamnya tetapi juga letaknya yang strategis,” kata Vinsensius.

Dikatakannya, hampir 70 persen Wisatawan Mancanegara (Wisman) datang ke Indonesia melalui penerbangan. Oleh karena itu, succes storynya yaitu faktor konektivitas. “Kami memberikan dukungan dan komitmen begitu besar kepada kabupaten Belitung. Karena kita tahu untuk membuka rute penerbangan Internasional sangat sulit dan AirAsia dengan penuh support dan komitmennya kepada Pemda Belitung bersedia membuka rute 4 kali penerbangan dalam seminggu dan itu merupakan hal yang luar biasa,” katanya.

Ditambahkannya, pada tahun lalu dirinya sudah pernah melakukan pembicaraan dengan beberapa reseller besar di china dan meraka saat tertarik untuk melakukan charter flight ke Belitung. “Lobi sudah kita lakukan, mereka sangat tertarik datang ke Belitung dan kami siap untuk menjual paket ke Belitung. Mereka tertarik pariwisata dan budaya Belitung cuman saran saya agar sektor kuliner di tingkat,” pesannya.

Dirinya berharap, dengan adanya Livery Belitung AirAsia dalam kurun waktu satu tahun ini dapat menambah informasi kepada masyarakat Kuala lumpur bahwa Belitung merupak destinasi kelas dunia yang patut untuk dikunjungi. “Saya melihat Pemda Belitung untuk komunikasi dan koordinasi sangat baik dan koperatif. Pemerintah pusat melihat seberapa jauh komitmen daerah dan daerah Belitung sangat aktif dalam memajukan sektor pariwisatanya” pungkasnya. (rez/dod/rel)

Editor: Yudiansyah