Logistik Pilkades Sudah Didistribusikan, Bupati Belitung Imbau Gunakan Hak Pilih

by -
Logistik Pilkades Sudah Didistribusikan, Bupati Belitung Imbau Gunakan Hak Pilih
Pelepasan truk dilakukan di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung, ditandai dengan pemecahan kendi, Senin (14/12).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung H. Sahani Saleh melepas keberangkatan logistik Pilkades Serentak Kabupaten Belitung Tahun 2020. Pelepasan dilakukan di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung, ditandai dengan pemecahan kendi, Senin (14/12).

Dalam pelaksanaan tahapan Pilkades 2020 Bupati mengingatkan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes). Seperti setiap tempat pemungutan suara ( TPS) disediakan tempat cuci tangan, menyiapkan masker apabila ada yang lupa menggunakan masker.

“Itu yang paling diutamakan masalah pemilihan, dan sehari sebelum pelaksanaan akan mengecek ke TPS-TPS itu,” kata Sahani Saleh kepada Belitong Ekspres.

Bupati yang karib disapa Sanem juga menghimbau agar masyarakat menggunakan haknya pada pemilihan kepala desa ini, dengan cara hadir dan memberikan suara mereka di TPS itu. “Jangan sampai partisipasi masyarakat tidak sampai setengah, minimal 80 persen,” harapnya.

Selain itu, Sanem menyarankan kalau ada masyarakat yang sedang menderita Covid-19, agar tidak datang dan memberikan haknya di TPS, demi menjaga lancarnya pemilihan tersebut. “Jangan sampai dia datang ke TPS, ada klaster baru dan ribut, orang akan berpikir datang kalau yang bersangkutan pernah datang. Jadi saran aku tidak usah datang lah,” pintanya.

Namun demikian kata dia, Pemkab tidak ada kekhwatiran dalam pelaksanaan Pilkades ini, tetapi tetap melaksanakan protokol kesehatan. “Kalau kita mengikuti Prokes, insyaallah tidak akan semudah itu juga,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung, Suksesyadi mengatakan pendistribusian dilakukan dengan 2 kendaraan. Yakni truk satu Desa Keciput, Desa Petaling, Desa Selat Nasik, Desa Suak Gual dan Desa Pulau Gersik.

Kemudian, truk dua rute untuk Desa Bantan, Simpang Rusa, Lassar, Membalong, Mentigi, Gunung Riting, Tanjung Rusa, Kembiri dan Kacang Butor. “Kotak suara dan surat suara serta kelengkapan lainnya,” tukasnya.

Kata dia, untuk Desa Air Saga sudah didistribusikan jumat kemarin, karena jumlah surat suara mencapai 7.700 lembar. Sedangkan desa lain 1.000 hingga 3.750 an surat suara. “Pelipatan surat suara dilakukan di desa,” sebutnya.

Sukses menambahkan, jumlah TPS ada sekitar 79, dengan jumlah surat suara sebanyak 33.050. Semua pelaksanaan tetap mematuhi Protokol Kesehatan. “Tanggal 18 dan 19 kita akan monev di seluruh desa yang melaksanakan Pilkades ini,” pungkasnya. (dod)