Lomba Debat PCTA 2015

by -

//SMAN 1 Gantung Wakili Babel

GANTUNG – Untuk kesekian kalinya SMAN1 Gantung Belitung Timur (Beltim), kembali mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diajang bergengsi tingkat nasional. Kali ini Sekolah yang memiliki segudang prestasi ini, akan berlaga di lomba debat Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat nasional tahun 2015 pada tanggal 7 hingga 11 September 2015 mendatang.

Lomba yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan ini akan dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di TMII dan di Kantor Kementerian Pertahanan.

Tentunya keberhasilan yang diraih oleh SMAN 1 Gantung tidak lah mudah, karena sebelumnya mereka harus mengalahkan dan bersaing dengan 32 sekolah SMA/SMK se Babel. Adapun tema yang akan diangkat dalam PCTA tahun ini, adalah “Dengan semangat bela negara generasi muda, kita tumbuhkan budaya maritim Indonesia”.

Debat PCTA tingkat SMA/SMK ini diselenggarakan dengan tujuan Meningkatkan kemampuan mengekspresikan pemikiran baik secara tulisan maupun adu argumen tentang bela negara serta cinta tanah air bagi peserta, terciptanya pembinaan pembentukan karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara.

Selain itu, juga diharapkan dapat tersosialisasikannya program bela negara dilingkungan pelajar SLTA sederajat seluruh Indonesia, serta meningkatkan rasa patriotisme dan cinta tanah air di dalam kepribadian pelajar SLTA sederajat se Indonesia.
Kepala SMAN 1 Gantung, Sabarudin, tidak dapat menyembunyikan kebahagian atas raihan prestasi Tim Debat SMAN 1 Gantung ini. Kepada Belitong Ekspres Sabtu (5/9) kemarin, Ia merasa bangga karena SMAN1 Gantung kembali untuk kesekian kalinya bisa membawa nama baik Kabupaten Beltim dan bisa mewakili SMA/SMK se Provinsi Babel.
“Alhamdullillah, ini sungguh luar biasa, tim debat PCTA SMAN 1 Gantung bisa jadi juara dan berhak mewakili Babel. untuk even nasional nanti siswa kami persiapan belajar seputar wawasan kebangsaan, pengetahuan sosial, budaya maritim dan masalah masalah nasional, regional dan internasional yang sedang terjadi sekarang dan berdampak langsung maupun tidak langsung dangan nasionalisme dan ketahanan nasional,” ucap Sabarudin.
Disamping itu, menurut pembimbing debat PCTA SMAN 1 Gantung ini, siswa juga akan dibekali dengan teknik dan etika debat. Harapannya, kesuksesan ini bisa berlanjut di tingkat nasional dan jadi juara nasional.
Senada halnya, diungkapkan siswa SMAN 1 Gantung, Sahil. Bukan hanya senang dan bangga namun dirinya juga turut terharu karena bisa mewakili Provinsi Babel.

“Saya sangat bangga dan juga terharu, karena Kami bisa mewakili Provinsi Babel. Bangga karena bisa juara dengan persiapan yang pendek dan terharu karena ini pertama kali SMAN 1 Gantung tampil di lomba ini, dan bisa langsung jadi juara se Babel. Mohon doa semua masyarakat Beltim, dan juga Babel pada umumnya, agar segala usaha kami ini nanti berbuah kemenangan dan kembali membawa nama baik daerah,” ujar  Sahil siswa SMAN 1 Gantung mewakili rekan satu tim. (feb)