Lomba Kapal Hias Ruang Kreatifitas Pemilik Boat

by -
Lomba Kapal Hias
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Ir. Hermanto saat memberikan hadiah secara simbolis kepada pemenang lomba kapal hias Pesona Belitung Beach Festival, Kamis (29/8) sore kemarin.

Menjadi Ciri Khas dan  Daya Tarik Wisatawan

belitongekspres.co.id, SIJUK – Lomba Kapal Hias yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Belitung diharapkan bisa membuka ruang pemilik boat wisata untuk menampilkan kreativitas mereka. Tidak sampai di situ saja, tetapi berkelanjutan, sehingga hal ini menjadi ciri khas dan daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Pulau Belitung.

Demikian dikatakan Kepala Dispar Belitung, Ir. Hermanto, dalam sambutannya usai membuka secara resmi parade budaya Pesona Belitung Beach Festival (BBF) 2 di pantai Tanjung Kelayang Kecamatan Sijuk, Kamis (29/8).

Ajang yang memperebutkan total hadiah RP 20 juta rupiah ini diikuti oleh 14 kapal peserta. Ir. Hermanto, dalam sambutannya mengucap syukur, lomba kapal hias berjalan dengan lancar dan diikuti secara serius oleh para peserta.

“Awalnya yang mendaftar ada 30 peserta, namun karena adanya order, akhirnya sebagian dari mereka tidak bisa mengikuti perlombaan ini,” jelas Hermanto.

Menurut Heranto, meski jumlah peserta lomba kapal hias BBF 2 tidak terlalu banyak, akan tetapi secara kualitas. Semua peserta lomba kata dia sangat serius untuk menghias dan mendekorasi kapal mereka dengan kreativitas yang ditampilkan.

“Kita ingin ini menjadi ciri khas bagi daerah kita. Di mana kalau berwisata ke Belitung kapal pembawa wisatawannya sudah dihias sedemikian rupa dan ini tentunya akan menjadi nilai plus tersendiri,” ujarnya.

Selanjutnya untuk peserta kapal hias BBF 2, kata Hermanto, saat ini masih didominasi oleh masyarakat lokal. Namun tidak menutup kemungkinan jika kedepan akan digelar dalam skala yang lebih luas.

Sebagai informasi dirinya menambahkan, bahwasannya pembukaan parade Pesona Belitung Beach Festival 2 akan dilaksanakan besok (hari ini,red) di Pantai Tanjung pendam.

Sebelum kegiatan lomba kapal hias dimulai, Dispar Kabupaten Belitung terlebih dahulu mengadakan kegiatan eksibisi pameran berbentuk pasir yang pesertanya merupakan murid-murid sekolah. (rez)