Lomba Mancing “Belitung de Sintak” Rebutkan Total Hadiah Rp 225 Juta

by -
Lomba Mancing "Belitung de Sintak" Rebutkan Total Hadiah Rp 225 Juta
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Perikanan Kabupaten Belitung bakal menggelar lomba memancing “Belitung de Sintak” mulai tanggal 22 -23 Agustus mendatang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata bahari sekaligus mendukung kemajuan sektor pariwisata Belitung.

“Jadi turnamen ini sangat baik untuk dikemas menjadi sebuah promosi wisata bahari,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri kepada Belitong Ekspres, Kamis (24/7) kemarin.

Menurutnya, Belitung memiliki potensi wisata bahari yang cukup baik. Mulai dari laut yang jernih hingga potensi kekayaan sumber daya laut luar biasa.

“Misalnya kita bisa melihat hasil tangkapan yang masih banyak dan memang ada beberapa spot yang bagus untuk itu (memancing),” ujar Firdaus.

Ia mengatakan, Dinas Perikanan Belitung mulai tahun 2016 rutin menggelar turnamen memancing baik dalam skala lokal bahkan nasional dengan tujuan sebagai promosi pariwisata.

“Contoya tiga tahun lalu dari 2016-2018 kami menggelar lomba “sport fishing” dan terus membuat para komunitas mancing penasaran bagaimana kelanjutannya. Sehingga sekarang ini kami siapkan turnamen lebih bagus lagi,” katanya.

Selain itu, setiap para peserta nantinya akan merasakan hal yang berbeda ketika mengikuti turnamen memancing di Belitung sebab mereka akan diinapkan di rumah penduduk.

“Mereka akan berinteraksi dan merasakan kehangatan serta keramahan masyarakat Belitung karena masyarakat Belitung selalu mengistimewakan tamu,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana turnamen mancing “Belitung De Sintak” tahun 2020 Ade Winarko menyebutkan kegiatan lomba akan berlangsung pada tanggal 22-23 Agustus 2020 dipusatkan di kawasan Pantai Tanjung Kelayang.

Ia menjelaskan, peserta maksimal sebanyak 50 tim dan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 225 juta. Yaitu hadiah kategori juara umum 1,2, dan 3 sebesar Rp 52,5 juta, kategori juara spesies sebesar Rp112,5 juta dan total jack pot Rp 60 juta.

Sedangkan pendaftaran secara online resmi dibuka pada Jumat (24/7) sore dan pihak panitia tidak menerima pendaftaran secara online. “Informasi sejauh ini sudah ada beberapa tim pemancing dari luar daerah yang akan ikut berkompetisi,” tutupnya. (rez)