Lomba Renang Laut Diminati

by -

*Erwandi Puji, Koni Agendakan Tiap Tahun

 fpto A -panitia memberikan tata tertib lomba sebelum start

Peserta lomba renang laut yang hendak menjalani lomba renang di Tanjung Kelayang.

SIJUK-Even lomba renang perairan terbuka (open water swimming) yang diselenggarakan oleh Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Belitung cukup mendapat sambutan positif dari atlet di Belitung. Ini terbukti dengan peserta even yang cukup banyak. Lomba renang yang mempertandingkan kategori anak-anak hingga umum ini cukup luar biasa. Pasalnya jarak renang cukup jauh, hingga satu kilometer.

Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani terpukau dengan potensi perenang asal Belitung. Erwandi membuka lomba renang yang dilaksanakan di pantai Tanjung Kelayang, Minggu (20/9) pagi. Setelah menyaksikan secara langsung ia benar melihat banyak potensi renang dari Belitung. “Yang saya lihat potensi ada,” kata Erwandi usai membuka lomba.

Besar harapannya lomba renang ini diadakan setiap tahun. Dalam rangka mencari bibit perenang sekaligus pembinaan melalui lomba. “Jadi harapan aku kegiatan ini dikembangkan tiap tahun. Bila perlu kita buka bukan level Belitung, mungkin juga Babel, bahkan nasional,” imbuhnya.

Meskipun dengan fasilitas minim. Nyatanya ada atlit Belitung yang berhasil meraih peringkat tujuh nasional. Jika pembinaannya bagus, tidak menutup kemungkinan akan lahir atlit renang dari Belitung.

“Ke depan ternyata atlit Belitong ini banyak. Kita harus memperhatikan kolam itu dulu. Mudah-mudah even setiap tahun diagendakan, kita tingkatkan dari regional ke tingkat yang lebih gede,” tukasnya.

Sementara Ketua Koni Kabupaten Belitung Amin Nurachman mengatakan, even ini baru pertamakali digelar. “Ini jadi even yang luar biasa karena kita lakukan di laut. Kita punya fasilitas. Sebagaimana kawan-kawan tahu kita tidak punya kolam standar, kalau laut mungkin paling standar,” ujarnya.

Intinya kata Amin, dia yang pernah menjadi atlit renang ingin laut maju. Artinya potensi laut dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Laut Belitong harus kita eksplor. Sekarang pariwisata sudah dieksplor, hasil laut sudah lama kita makan. Sekarang gimana kita manfaatkan untuk melakukan suatu kegiatan. Bukan tidak mungkin ke depan skalanya lebih besar,” kata dia.

Ia tetap berharap even seperti ini terus setiap tahun. Apalagi para juara nanti akan menjadi atlit saat even di tingkat nasional. “Kita coba untuk internal sekalian persiapan atlit. kita minimal punya atlit renang la yang bisa kita kedepankan,” pungkasnya. (ade)