LPI Ditiadakan, Berganti Liga Pelajar

by -

MANGGAR – Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat pusat yang dilaksanakan setiap tahun, tahun ini rencananya tidak akan lagi diadakan. Termasuk LPI yang ada di Belitung Timur (Beltim).
Pasalnya, menurut Kepala Dispora Beltim, Gustaf Pilandra melalui Kabid Olahraga Dispora Beltim, Rosli, penghapusan LPI di pusat sudah dilakukan pada tahun sebelumnya, maka dari itu juara ditingkat Kabupaten hanya sampai Provinsi.
“Tahun kemarin juara LPI di tingkat Kabupaten hanya sampai Provinsi dan tidak dilaksanakan di Pusat (nasional), dan juga sama halnya di tahun ini. Namun semua akan berubah menjadi Liga Pelajar tingkat Kecamatan, dengan dilakukan liga U-15 dan U-18,” ungkap Rosli kepada harian ini Senin (23/3) kemarin.
Rosli menyebutkanb bahwa liga pelajar untuk U-15 sejajar dengan SLTP sederajat. Sedangkan U-18 sejajar dengan pelajar SLTA sederajat.
“Jadi nanti setiap kecamatan di Beltim wajib mengirimkan 1 tim untuk tingkat U-15 dan U-18. Terjaring satu tim yang diambil dari sekolah dimana mereka membela kecamatannya masing masing. Berarti akan ada 7 Kecamatan di Beltim yang akan mengirimkan timnya. Jadi semua ada 14 tim nantinya, dengan rincian 7 tim untuk U-15 dan 7 tim untuk U-18,” jelas Rosli.
Rosli menambahkan, kegiatan ini akan dilaksanakan usai pelajar melakukan UAS. “Mungkin bisa kita laksanakan pada Minggu ke tiga bulan April atau sesudah itu. Yang pasti setelah pelajar melakukan UAS di setiap sekolahnya masing-masing,” tandas Rosli. (feb)