Maju Pilkada Beltim 2020, Yuslih Masih Timbang-Timbang

by -
Maju Pilkada Beltim 2020, Yuslih Masih Timbang-Timbang
Yuslih Ihza

Anggaran Pilkada Sudah Disampaikan

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Bupati Beltim Yuslih Ihza mengaku masih mempertimbangkan untuk maju pada Pilkada Beltim tahun 2020 mendatang. Salah satu yang menjadi pertimbangannya adalah terkait dukungan partai politik pengusung calon Bupati dan Wakil Bupati sebagaimana syarat pencalonan.

“Masih dipikirkan. Banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus dipikirkan. Yang harus dipersiapkan juga banyak. Antara lain, mengenai syarat 20 persen atau 5 kursi. Itu kan dikita tidak terpenuhi,” ungkap Yuslih kepada Belitong Ekspres.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemilu 2019, semua parpol yang lolos ke DPRD tidak ada yang memenuhi syarat untuk mengajukan calon sendiri. Maka wajar, kata Yuslih, dirinya pun masih meragukan maju melalui partai mana.
“Mereka (partai politik, red) harus koalisi. Koalisi dengan siapa, apakah mau koalisi dengan saya. Itu juga harus dipikirkan,” kata abang kandung Yusril Ihza Mahendra itu.

Meski demikian, Yuslih menilai masih punya banyak waktu sebelum tahapan pendaftaran dibuka KPU.”Sebenarnya memang KPU akan mulai berproses September-Oktober ini. Tapi saya rasa masih cukup panjang waktunya. Penetapan (calon) juga di 2020,” sebut Yuslih.

Yuslih menegaskan, tetap mengukur diri sebelum maju mencalonkan kembali. Layaknya berjiwa besar, Yuslih memilih melihat respon masyarakat terhadap kriteria pemimpin Beltim kedepan.

“Kalau saya, ya bagaimana masyarakat. Itu yang harus diperhatikan. Kita juga harus melihat dan punya kalkulasi politik. Pada akhirnya jabatan adalah amanah. Kalau tidak amanah, tentu tidak ada guna juga,” ucap Yuslih.