Makam Keramat Bisa Menarik Wisatawan

by -

*Mempunyai Nilai Sejarah Penyebaran Islam di Belitung

pariwisata-edisi-21-maret-2017
Pasukan orange DLHD Kabupaten Belitung saat membersihkan makan keramat berusia ratusan tahun di belakang RS. Bakti Timah Jalan Gegegek, Kelurahan Tanjungpemdam, Kota Tanjungpendam, Senin (20/3O) kemarin.

TANJUNGPANDAN – Pasukan Orange Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Belitung membersihkan sebuah makam yang yang mempunyai nilai sejarah di belakang Rumah Sakit (RS) Bakti Timah Jalan Gegedek, Kelurahan Tanjungpendam, Kota Tanjungpandan.

Makam Keramat ini diperkirakan sudah berumur ratusan tahun. Petugas kebersihan membersihkan makam ini yang diapit oleh bebatuan granit berukuran besar, Senin (20/3) kemarin.

Menurut Koordinator Kebersihan DLHD Sumarno makam keramat tersebut mempunyai nilai sejarah dalam penyebaran agama Islam di Belitung.

“Menurut saya makam keramat ini sudah berusia 300 tahun. Soalnya kondisinya hampir sama seperti makam yang ada di Eks Penjara lama yang pernah kami bersihkan belum lama ini,”ungkap Sumarno kepada Belitong Ekspres.

Oleh karena itu, adanya makam keramat ini harus ditindaklanjuti oleh dinas terkait. Sebab catatan sejarah masuknya Islam di daerah Belitung bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Contohnya, pada saat kami membersihkan makan keramat di eks penjara lama, selang beberapa hari kemudian ada sejumlah wisatawan yang datang untuk melihat dan berziarah ke makam tersebut,”katanya.

Sumarno menambahkan, untuk mencapai makan keramat di belakang RS. Bakti Timah Jalan Gegedek Tanjungpendam, memang tak terlalu sulit, namun cukup unik.

“Uniknya untuk menuju makam keramat tersebut orang harus melewati sebuah lorong kecil yang diapit sebuah batu kira-kira tinggi dan lebarnya 10 meter,”tandasnya. (rez)