MakaM Raja Badau Nyaris Terbakar

by -

*Kebakaran Lahan Diduga ada Api Kiriman

BADAU-Kebakaran semak belukar di Belitung terus terjadi. Tidak hanya di Tanjungpandan dan wilayah Membalong yang merupakan langganan kebakaran hutan. Kali ini kebakaran lahan terjadi di Badau, tepatnya di Gunung Bresing, lokasinya tak jauh dari Makam Kerajaan Badau, Senin (3/8) lalu.
Kapolsek Badau AKP Teguh Setiawan seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara membenarkan adanya informasi tersebut. Menurut AKP Teguh, peristiwa ini terjadi beberapa hari lalu, saat ia mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya kebakaran ini.
“Penyebabnya masih belum diketahui. Namun berdasarkan hasil penyidikan dan penyelidikan disimpulkan ada api kiriman dari wilayah Beltim. Sebab, lokasinya tak jauh dari Beltim yakni Kecamatan Dendang,” ujar Kapolsek Badau kepada Belitong Ekspres, Kamis (6/8) kemarin.
Dijelaskan Teguh, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Meski api sangat dahsyat, namun api belum sempat masuk ke Makam Raja Badau. “Sebab, saat kejadian, petugas langsung tanggap dan meminta bantuan beberapa unit mobil pemadam dari pemda,” katanya.
AKP Teguh meminta kepada masyarakat agar waspada mengenai masalah ini. “Kami meminta kesadaran masyarakat khususnya yang berburu di hutan agar tidak membuang putung rokok sembarang. Selain itu juga jangan membakar rumput tanpa pengawasan. Sebab, itu bisa berbahaya,” pintanya.(kin)