Malam Ini, Pawai Tanglong Bakal Meriah

by -

TANJUNGPANDAN–Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 dan Hari Pramuka ke-54, Gerakan Pramuka Kabupaten Belitung menggelar Pawai Tanglong. Acara pawai yang identik dengan obor ini akan dilaksanakan Jumat  (14/8) malam ini, sekitar pukul 19.00 WIB, bakda Isyak. Diperkirakan ratusan anak-anak sekolah dan pembina dari Gerakan Pramuka di Belitung ikut memeriahkan pawai yang terbilang khas itu.
Informasi yang diperoleh Belitong Ekspres, rencananya para peserta mulai start di Depan Kantor Bupati Belitung (Pemda Belitung), lantas melalui Jalan A Yani, Jalan Diponegoro, Jalan Sriwijaya, Jalan Merdeka, dan finish di Gedung Nasional. Diperkirakan ratusan peserta yang mayoritas pelajar SD, SMP, SMA ikut partisipasi.
Pawai ini dijadwlakan akan dibuka Bupati Belitung Sahani Saleh. Selain itu, unsur Forkominda seperti Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara, Dandim 0414 Tanjungpandan Letkol Arh Mathen Verny Rorintulus, Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Pnb Anang Heru Setyono dan Kajari Tanjungpandan Nova Elida Saragih, dijadwalkan juga akan hadir.
Anggota Panitia Panglong 2015 Iptu Firdaus mengatakan, acara ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pramuka Kabupaten Belitung dalam rangka memperingati hari pramuka nasional dan HUT Kemerdekaan RI. “Acara akan dilaksanakan  usai Isya sekitar pukul 19.00 WIB. Namun, untuk persiapan, para peserta harus datang sekitar pukul 18.00 WIB bakda Maghrib. Mereka akan menggelilingi rute yang telah ditentukan dengan membawa obor,” ujar Iptu Firdaus.
Terpisah,  Kaharuddin yang juga panitia mengatakan, peserta akan berjalan beriringan dan tampil menggunakan obor dan berbagai lampu sesuai kreasi masing-masing. “Boleh saja sekreatif mungkin obor dan lampu yang dipawaikan dalam kegiatan ini, asal tidak membahayakan,” tukasnya. (kin/ade)