Mandra Dituntut 10 Tahun

by -

*Sebagai Pengedar dan Pengguna Narkoba
TANJUNGPANDAN-Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan (JPU) Negeri Tanjungpandan menuntut Cekian alias Mandra terdakwa kasus pengedar dan pengguna narkotika di Belitung dengan penjara sepuluh tahun.  Tuntutan JPU ini disampaikan Jaksa Kejaksaan Negeri Tanjungpandan Iwan Nuzuardi, saat membacakan nota tuntutan di persidangan  yang digelar Rabu (4/3) kemarin. Sidang dipimpin Hakim Ketua Narendra SH didampingi  Hakim Anggota Ricky dan Mahendra.
Usai membacakan tuntutan, pria yang sehari-hari disapa Mandra ini enggan berkomentar banyak. Dirinya menerima tuntutan tersebut. Namun dia meminta keringan atas tuntutan 10 tahun penjara yang didakwakan kepada dirinya.
“Saya terima, namun aku berharap, Kejaksaan Negeri Tanjungpandan, emberikan keringanan kepada saya, karena aku adalah tulang punggung keluarga dan memiliki anak yang masih kecil,” ujar Mandra.
Sementara itu, Jaksa Iwan Nuzuardi mengatakan, dirinya tetap pada pendirian menuntut terdakwa dengan hukuman penjara 10 tahun. Pelaku melakukan pelanggaran primer Pasal 114 Ayat 2 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.
“Meski dia (terdakwa Mandra,Red) meminta keringanan, kami tetap pada pendirian menuntut terdakwa 10 tahun penjara, serta denda Rp 1 Miliar atau subsider tiga bulan kurungan,” ujar Iwan seizin Kajari Tanjungpandan Nova Elida Saragih, kepada Belitong Ekspres, Rabu (4/3) kemarin usai sidang.
Iwan menambahkan, dirinya menuntut terdakwa dengan hukuman tersebut lantaran, Mandra telah terbukti melanggar Undang-undang narkotika dan juga melanggar program negara tentang pemberantasan narkoba. “Barang bukti  55 paket sabu miliknya dimusnakan dan uang sebesar Rp 8,5 juta miliknya dirampas oleh negara,” pungkasnya.(kin)