Marak Penipuan Mengatasnamakan BKD, Pelamar CPNS Diminta Hati-Hati

by -
Marak Penipuan Mengatasnamakan BKD, Pelamar CPNS Diminta Hati-Hati
Marak Penipuan Mengatasnamakan BKD, Pelamar CPNS Diminta Hati-Hati
HOAX: Sejumlah peserta memperoleh surat edaran yang mengatasnamakan BKD kepada pelamar CPNS. (YUAN ABADI/RADAR SURABAYA)

belitongekspres.co.id, GRESIK – Para pelamar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diminta untuk berhati-hati. Sebab setiap kali pelaksanaan tes CPNS selalu dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk melakukan aksi penipuan. Seperti yang dialami salah satu pelamar CPNS Kamilah Sulastri.

Dirinya mengaku mendapatkan surat undangan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik. Di dalam surat tersebut, dirinya diminta datang untuk mengikuti pembekalan CPNS. Untungnya ia tidak langsung begitu saja percaya. Dengan didampingi kedua orang tuanya, ia lebih memilih melaporkan hal tersebut kepada BKD.

“Iya, kemarin ada salah satu peserta yang melaporkan dapat surat dari BKD. Padahal, kami tidak pernah mengeluarkan surat seperti itu,” ujar Kabid Data dan Informasi BKD Gresik Reza Pahlevi.

Dengan adanya kejadian ini, pihaknya kembali mengingatkan kepada para peserta agar tidak mudah percaya dengan modus penipuan seperti itu. “Kami mengimbau agar para pelamar tak mudah percaya dengan hal-hal semacam ini,” ungkap Reza.

Jika diamati, surat edaran tersebut memang mirip dengan surat-surat yang dikeluarkan BKD. Sebab kop surat hingga stempel serta tanda tangan sama persis. Sedangkan surat tersebut berisi tentang undangan pembekalan CPNS. “Bisa saja itu di fotokopi scan. Yang jelas saya sudah jelaskan jika itu hoax,” terangnya.

Menurut Reza edaran yang sama juga terjadi di BKD Jombang. Fomat edarannya juga sama persis dan disebar di hari yang sama. Hal ini harus diwaspadai calon pelamar jangan sampai menjadi korban penipuan.

“Kami pastikan tak ada undangan seperti itu. Semuanya sudah lewat komputer. Kami hanya tim verifikator saja,” terangnya.

Sedangkan hingga berita ini diturunkan, update terakhir jumlah pelamar sudah mencapai 10.700 orang. Sedangkan penutupan resmi berakhir pada Selasa pada pukul 23.11. Setelah itu, tim diberikan waktu hingga seminggu untuk menyelesaikan verifikasi tersebut. (sb/yua/jay/JPR)

Artikel ini sebelumnya sudah dimuat di radarsurabaya.jawapos.com dengan judul: Marak Penipuan Mengatasnamakan BKD, Pelamar CPNS Diminta Hati-Hati