Maras Taun Harus Dilestarikan

by -

SIMPANG RENGGIANG – Bupati Belitung Timur (Beltim), Basuri T Purnama, menghadiri upacara adat Maras Taun Dusun Langkang Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Minggu (5/4) pagi. Maras taun yang dipusatkan Diadakan di rumah dukun kampong, Maras Taun dusun Langkang juga dihadiri anggota DPRD Beltim Musdiana dan Suladi, Camat Simpang Renggiang, Andalas dan Kepala Desa serta masyarakat.

Acara kegiatan Maras Taun ini tak jauh berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan dimulai dari pagi hari dengan melakukan doa selamat tahun 2014-2015 dan doa selamat 2015-2016. Kemudian dilanjutkan dengan penyiraman air yang telah didoakan di perbatasan kampong. Penyiraman dilakukan oleh 4 dukun kampong yakni dukun tua, dukun muda, dukun air dan dukun angin.

“Ini merupakan agenda rutin masyarakat dusun Langkang yang diadakan setiap April. Meski sekarang tidak ada yang berkebun padi, tapi intinya adalah selamat tahun atau maras taun,” ungkap Sudiartono, selaku wakil panitia Maras Taun dusun Langkang.

Selain itu, Sudiartono mengatakan, Maras Taun harus tetap terjaga dan dilestarikan sebagai bagian dari adat masyarakat Belitung. Sebab, setahun yang telah dijalani, tentu harus disyukuri dan berharap tahun selanjutnya lebih baik.

“Kesehatan, keamanan dan lain-lain yang kita rasakan di tahun sebelumnya, hendaknya tahun depan lebih baik,” ujarnya.

Ia juga mengatakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat dusun Langkang, diharapkan dapat lebih mempererat tali silaturahmi antar warga. Apalagi, dusun Langkang dikenal cukup aktif membangun kebersamaan tanpa membedakan status sosial.

“Sebagai warga Dusun Langkang, kami sangat kompak. Tanpa membedakan orang kaya dan miskin, kalau gotong royong semua ikut serta. Harapan dan semangat inilah yang akan kami pelihara, salah satunya melalui maras taun,” ucap Sudiartono.

Sementara itu, Basuri mengajak seluruh pihak khususnya masyarakat Kabupaten Beltim bersatu padu melestarikan adat budaya Belitong serta membangun Beltim. Melalui maras taun, Basuri juga meminta masyarakat mendoakan pembangunan di Beltim berjalan lancar.

“Mari kita lestarikan adat Budaya Belitong dan tentunya saya mengajak seluruh pihak bersama-sama membangun Beltim di berbagai sektor. Pemda akan terus berupaya memajukan Beltim dan melaksanakan berbagai program agar masyarakat sejahtera. antara lain kita sudah siapkan sekolah yang akan menciptakan generasi siap kerja, membantu masyarakat dengan kredit bunga rendah termasuk saat ini mempersiapkan program sistem desa informasi yang akan dilauncing Presiden Jokowi. Hal ini adalah upaya mempercepat pembangunan di Beltim dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutup Basuri. (feb)