Markus : Pertahankan Opini WTP

by -

MUNTOK – Anggota Komisi III DPRD Bangka Barat (Babar), Markus, SH memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Babar. Karena mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bangka Belitung atas pemeriksaan keuangan daerah selama dua tahun berturut-turut, 2013 dan 2014.
“Ini harus dipertahankan serta ditingkatkan sebagaimana mestinya,” ujar Markus kepada Radar Bangka usai rapat paripurna pengambilan keputusan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2014, Kamis (13/8).
Disandangnya opini WTP bukan berarti laporan keuangan Pemkab Babar tidak memiliki kekurangan. Ia pun menyarankan agar seluruh SKPD segera melengkapi segala kekurangan seperti yang disarankan BPK Perwakilan Provinsi Bangka Belitung. “WTP ini juga tidak harus menjadikan kita terlena dan berpuas diri. Sebagai Kabupaten baru, tentunya kedepan Babar harus mampu mengukir prestasi di bidang apapun,” kata Markus.
Ia juga menambahkan jika Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan tahun anggaran 2015 sudah disepakati. Artinya, tidak lama lagi anggaran perubahan tahun 2015 sudah bisa dilaksanakan. “Ini artinya komitmen bersama antara pihak legislatif dan eksekutif untuk membangun Babar terlaksana dengan baik,” ujar Markus.
Semetara itu, Ketua DPRD Babar Hendra Kurniadi mengatakan paragrap penjelas pada hasil pemeriksaan keuangan BPK menandakan masih ada kekurangan pada laporan keuangan Pemkab Babar. “DPRD memiliki kewajiban melaksanakan fungsi pengawasan untuk menyempurnakan laporang keuangan pemerintah daerah,” ujar Hendra Kurniadi.
Pengawasan yang akan dilakukan DPRD, kata Hendra, untuk memastikan keputusan-keputusan yang diambil Bupati sebagai kepala daerah sudah sesuai dengan RKPD atau dokumen-dokumen pemerintah. “Semua harus dilakukan sebagaimana yang telah diatur didalam peraturan perundang-undangan,” tukas Hendra. (ray)