Marzuki Siap Maju

by -

TANJUNGPANDAN-Pertarungan pemilihan kepala daerah (pilkada) Belitung Timur semakin jadi pembicaraan hangat di masyarakat. Tak hanya di Beltim, tapi juga sampai ke Belitung, tepatnya di  Tanjungpandan. Obrolan dan isu-isu pilkada tak lepas dari sosok-sosok yang bakal maju sebagai bakal calon (balon) bupati maupun wakil bupati (wabup).
Khusus di Tanjungpandan, sejumlah nama kini juga mulai muncul. Sebelumnya nama Darmansyah Husein sering disebut-sebut bakan menjadi salah satu balon yang bakal meramaikan bursa pencalonan. Selain itu, ada beberapa politikus juga bakal maju, meski masih malu-malu kucing.
Tapi, belakangan ada nama politisi Partai Demokrat Belitung, Muzakir  yang juga menyatakan siap meramaikan bursa pencalonan pilkada Beltim. ““Mungkin sebagian orang  menilai saya belum layak maju. Tapi, itu kan penilaian orang.  Namun, jika memang sudah dikehendaki dan masyarakat siap mendukung, ya, apa boleh buat, Bismillah saja,” ujar pengusaha mebel ini.
Bendahara DPD Partai Demokrat Belitung ini menyatakan, semakin banyak calon justru akan semakin baik bagi dinamika demokrasi. Dengan Begitu, masyarakat bisa memilih dan memilah siapa kandidat yang terbaik dalam memimpin Kabupaten Beltim ke depan.
“Sebagai pelayan dan pejabat publik, kinerja harus baik dan dapat diterima oleh semua pihak. Karena itu, dalam menentukan pasangan, perlu ekstra hati–hati agar tidak terjadi krisis kepercayaan publik,” katanya.
Ditanya, apa yang menjadi misi utama untuk maju sebagai calon kepala daerah di Beltim. Ia menjawab, selain untuk membangun Beltim lebih maju dan sejahtera kedepan, ia juga ingin memberdayakan potensi daerah Beltim.
“Saya merasa terpanggil. Karena, bagaimanapun saya juga pernah lama tinggal di sana (Beltim,red). Jadi, tak ada salahnya, kalau saya berniat  ingin membangun Beltim lebih baik lagi,” kata dia kepada BE saat ditemui dirumahnya.
Ketua Pemuda DPC Partai Hanura Belitung Rahman mengatakan, Pak Muzakir bakal maju sebagai balon bupati yang menurut banyak kalangan merupakan salah satu balon yang cukup populis.  “Besar kemungkinan, beliau (Pak Muzakir,red)  “direstui” Partai Demokrat, jika memang ia ngotot ikut maju,” ungkapnya.
Rahman mengatakan, jika Pak Muzakir belum mendapat restu dari partainya sendiri, diprediksi ia bakal maju dari jalur alternati lain alias independen. “Siapapun boleh mencalonkan diri. Sepanjang ia memenuhi persyaratan. Namun, balon yang maju haruslah memiliki wawasan dan kompetensi, mumpuni serta komitmen dan integritasnya mampu memajukan Kabupaten Beltim,” terangnya.
Menurutnya, Beltim sangat memerlukan seorang pemimpin yang merakyat dan punya visioner. Dan sekarang sudah saatnya untuk tidak lagi larut mempersoalkan suku, agama, kelompok mayoritas atau minoritas.  “Saat ini, kita sudah harus lebih memprioritaskan sosok “pamong” yang kreatif membangun dan mensejahterakan daerah secara berkeadilan, transparan, akuntabel dan jauh dari praktik–praktik kolusi,korupsi dan nepotisme (KKN),” tandasnya.
Ia menambahkan, selain balon yang diusung parpol, dimungkinkan juga balon dari jalur independen banyak yang akan bertarung. Dengan demikian, diprediksi bursa balon Bupati/Wakil Bupati di Beltim bisa mencapai 9 hingga 10 pasangan. (mg2)