Masa Tugas Basuri dan Zarkani Berakhir

by -

//Basuri Ingin Bawa Arwana, Zarkani Pilih Berkebun

MANGGAR-Masa tugas Bupati Belitung Timur (Beltim) Basuri T Purnama dan Wakil Bupati Beltim  Zarkani Mukri, telah berakhir Senin (7/9) dini hari pukul 00.00. Selama menjabat baik Basuri dan Zarkani tentu banyak kenangan yang berkesan atau pun sebaliknya.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Basuri kepada wartawan saat sedang mengemasi ruang kerjanya, Jum’at (5/9) pekan lalu. Sejak dilantik pada 6 September 2010 dan menempati ruang kerjanya, Basuri mengatakan banyak yang cukup berbekas di dalam ruang kerja tersebut.

Salah satunya, yang berkesan adalah seekor ikan Kelesak atau Arwana yang ada di dalam aquarium bekas ruang kerjanya. Untuk itu, sebagai kenang-kenangan Ia berkeinginan untuk membawa pulang ikan tersebut ke rumahnya.

Lima tahun sejak memerintah, Ia menyatakan jika ikan dari Kecamatan Gantung tersebut sering memberinya semangat dan menjadi teman yang menyambutnya setiap masuk ke ruang kerjanya. Basuri mengakui, jika Ia memang suka dengan ikan Arwana.

“Kalau diperbolehkan saya ingin membawa ikan ini ke rumah untuk kenang-kenangan. Saya siap membayar atau menukar ikan kelesak ini dengan yang baru,” pinta Basuri.

Basuri mengungkapkan, Ikan yang sudah ada sebelum Ia menjabat sebagai Bupati tersebut seperti sudah memiliki ikatan emosional. Bahkan Ia bercerita jika ikan tersebut sering menatapnya saat Ia sedang sendiri di dalam ruangan.

“Pas saya datang dia seperti tahu. Pas saya sedang sendiri kadang-kadang dia memperhatikan saya. Dia juga memberikan saya semangat untuk terus bekerja. Dia sepertinya ngerti juga perasaan saya,” kenang Basuri.

Diujung masa pemerintahannnya ini, Ia mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama masyarakat Beltim yang sudah mendukungnya dengan Pak Kani, panggilan akrab Wakilnya Zarkani Mukri.

“Kami pamit undur diri. Terima kasih atas kerjasama masyarakat dan seluruh pihak yang mendukung pembangunan di Belitung Timur. Kami mohon maaf jika dalam kurun lima tahun kami memerintah ada perkataan dan kebijakan kami yang kurang berkenan,” ucapnya.

Saat berkemas, Basuri paling banyak membawa barang-barang berupa foto-foto dengan beberapa pejabat dan artis ibu kota. Ia juga turut membawa souvenir dan kenang-kenangan yang diperolehnya dari tamu saat Ia masih menjabat. Terlihat ada tujuh buah dus yang di dalamnya berisi foto dan kenang-kenangan.

Berbeda dengan Bupati, Mantan Bupati Beltim Zarkani Mukri di dua hari menjelang berakhirnya masa jabatan, tidak terlihat mengemasi barang-barangnya.

“Dak ada yang akan dibawa. Paling bawa berkas sedikit sama foto keluarga. Itu pun sudah lama dibawak pulangnya,” kata Zarkani.

Zarkani juga menyatakan Ia akan kembali lagi kemasyarakat. Dan ingin fokus berkebun.

“Alhamdulillah lima tahun sudah kami memerintah. Banyak cerita suka dan dukanya. Mulai besok, sudah jadi mantan wakil bupati. Habis ini ingin fokus berkebun dan jaga cucu saja,” ‎tuntas Zarkani. (feb)