Masih Tunggu Penyampaian DP4

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) masih menunggu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari KPU Pusat. Diperkirakan, DP4 paling lambat diterima sesuai batas akhir waktu yang ditetapkan, 23 Juni 2015.

“Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari tanggal 20 sampai 23 juni (hari ini-red) disampaikan ke KPUD daerah. Sampai hari ini baru daerah bagian timur. Untuk Bangka Belitung, termasuk kita (Beltim) kalau tidak sore nanti, besok,” terang Komisioner KPUD Beltim, Rizky Rinaldi kepada Belitong Ekspres, Senin (22/6) kemarin.

Menurutnya, DP4 dapat diketahui langsung melalui website resmi KPU yang diakses seluruh KPUD se Indonesia. Untuk DP4 yang dikeluarkan KPU saat ini, adalah DP4 daerah Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak akhir tahun 2015.

Rizky menjelaskan, setelah DP4 diterima Kabupaten/Kota, KPUD segera menyusun daftar pemilih dan menyampaikan kepada PPS. Selanjutnya, dilakukan pemutakhiran data pemilih oleh penyelenggara di tingkat PPS dan PPK.

Seperti pelaksanaan pemilihan umum sebelumnya, pemutakhiran data pemilih bertujuan untuk mengecek ulang daftar pemilih. Ini dimaksudkan agar data pemilih benar-benar valid pada saat pemilihan berlangsung. Biasanya, pemutakhiran meliputi penduduk pindah dan datang, kematian hingga pemilih pemula.

“Tanggal 24 Juni sampai 14 Juli masih penyusunan daftar pemilih di KPUD dan penyampaian kepada PPS. Kemudian disambung dengan pemutakhiran dari 15 juli sampai 26 Agustus,” jelasnya.

Sementara itu, disinggung mengenai dana pelaksanaan Pilkada Beltim 2015, pihak KPUD menyatakan anggaran telah diterima dan telah dipergunakan untuk menjalankan tahapan-tahapan yang disusun.

“Sudah diterima seluruhnya dana hibah Rp. 8,6 miliar dari Pemda Beltim. Pencairannya, dua minggu setelah penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah,” tutup Rizky. (feb)

Rate this article!
author

Author: