Masih Zona Hijau, MUI Beltim Bolehkan Salat Berjamaah di Masjid

by -
Masih Zona Hijau, MUI Beltim Bolehkan Salat Berjamaah di Masjid
Ilustrasi jpnn.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Beltim, H Suyatno Taslim, S.Ag menyampaikan surat yang memutuskan dan bersikap bahwa pelaksanaan Salat Jum’at serta berjamaah di masjid dapat dilaksanakan. Namun, tetap mengikuti protokoler kesehatan penanganan Covid-19 yang telah dikeluarkan pemerintah.

Hal tersebut disampaikan H Suyatno berdasarkan Fatwa MUI Pusat nomor 14 tahun 2020 tanggal 16 Maret 2020, tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Beltim.

Kesepakatan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Beltim, DPRD Kabupaten Beltim, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Beltim dan Ormas-ormas Islam di Kabupaten Belitung Timur pada tanggal 02 April 2020.

“Ini berdasarkan press release Bupati Belitung Timur tanggal 17 April 2020 di Kantor Bupati Belitung Timur, yang menyatakan bahwa Kabupaten Belitung Timur masih zona hijau,” ungkap H Suyatno dalam surat yang disampaikan kepada Ketua Gugus Tugas Covid-19, Senin (4/5) kemarin.

Paparan ahli dari satuan gugus tugas covid 19 Kabupaten Beltim pada tanggal 30 April 2020, saat rapat evaluasi gugus tugas yang menyatakan, bahwa Kabupaten Beltim zona hijau dengan catatan tetap memakai masker, sering cuci tangan dan tetap physical distancing.

“Hasil koordinasi dengan ketua MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Maka, MUI Kabupaten Beltim memutuskan dan bersikap bahwa Pelaksanaan salat Jum’at dan sholat berjamaah di masjid, dapat dilaksanakan dengan mengikuti protokoler kesehatan penanganan Covid-19 yang telah dikeluarkan pemerintah,” ulasnya. (dny)