Masterplan Bandara Sudah Rampung

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Tinggal Mengisi Perencanaan dan Kawal ke Pusat

TANJUNGPANDAN-Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung Ir Hermanto menyebut perkembangan pariwisata Belitung tidak sebanding dengan sarana dan prasarana penunjang.  Untuk mempercepat akselerasi pemda berhasil menyakinkan pemerintah pusat mempercepat perencanaan masterplan Bandara HAS Hananjdoeddin Tanjungpandan. Belitung juga berhasil menarik akaselerasi 10 tahun dari 2024 maju ke tahun 2014.
“Kalau istilah tuntutan perhubungan, bandara itu vital. Sementara kalau kita biarkan dengan tren pariwisata, kita ini sangat jauh antara persiapan sarana dan kunjungan wisatawan,” kata Hermanto, Selasa (17/2) kemarin.
Belitung harus bisa meyakinkan pemerintah pusat tentang rencana yang dibilang cukup fantastis ini. Pasalnya di area perpanjangan runway ada cekungan, sehingga menyulitkan jika landasan bandara diperpanjang. Beruntung melalui pemerintah provinsi menyanggupi untuk melakukan penimbunan.
“Di bawah itu ada sekitar 350 meter ada cekungan sehingga tidak bisa dibangun. Akhirnya solusi kita galang dan akhirnya provinsi mendukung melalui APBD untuk menimbun,” tukasnya.
Selain itu. MoU dengan pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sudah selesai. Masterplan yang sudah selesai tahu 2014 lalu, sekarang tinggal mengisi perencanaan itu. “Tidak banyak perombakan cuma menambah fasilitas yang selama ini tidak ada. Kalau secara teknis pembiayaan melalui UPT Bandara. Kita sih mintanya yang krusial untuk penumpang,” tukasnya.
Tapi Belitung tidak boleh lengah, masterplan yang direncanakan sekian tahun itu harus dikawal untuk menjada komitmen Pusat. Artinya masih harus ada kekuatan lobi lagi ke pemerintah Pusat. (ade)

Baca Juga:  PLN Belitung Janji Berikan Pelayanan Terbaik, Kecuali Force Major

Rate this article!
Tags:
author

Author: