Masuki Era 4.0, Guru Diharapkan Mampu Menguasai Teknologi

by -
Masuki Era 4.0, Guru Diharapkan Mampu Menguasai Teknologi
Mantan Ketua PGRI Kabupaten Beltim, Samsul Hairun.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Memasuki era 4.0, para guru-guru sebagai tenaga pendidik diharapkan mampu menguasai teknologi. Salah satunya mampu menggunakan komputer atau laptop guna meningkatkan kapasitas dalam proses belajar mengajar.

“Diharapkan kepada seluruh guru itu sudah dapat memaksimalkan penggunaan komputer terutama di era 4.0 untuk menunjang perkembangan teknologi. Apalagi di era sekarang yang serba digital,” ungkap mantan Ketua PGRI Kabupaten Beltim, Samsul Hairun usai membuka Konferensi Kabupaten PGRI Belitung Timur.

Samsul yang menjabat Ketua PGRI Beltim periode 2020-2025 menyatakan mutu pendidikan bukan hanya menjalankan tugas sebagai guru. Namun lebih dari itu, keberhasilan guru dapat terlihat dari kualitas siswa yang mampu memanfaatkan teknologi.

“Dalam rangka mutu pendidikan, kunci seorang guru ada di siswa, sehingga siswa juga diharapkan dapat memanfatkan teknologi. Jadi bagaimana siswa punya inovasi, berkreasi dan proaktif,” jelasnya.

Dijelaskan Samsul, menumbuhkan kemampuan berinovasi siswa sangat bergantung pada kemampuan guru sebagai pengarah. Sebab sekarang pemanfaatan teknologi bukan hanya guru tetapi siswa. Guru lah yang mengarahkan siswa agar lebih inovasi dan berkreasi.

“Perlu diketahui juga, dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagaimana mengutip pernyataan menteri pendidikan pada tahun inilah pelaksanaan terakhir UNBK untuk siswa kelas IX. Kedepan akan ditiadakan,” kata Samsul.

Berkaitan dengan dihapusnya UNBK, Samsul memang belum mengetahui keinginan Menteri Pendidikan terkait pengganti UNBK. “Formatnya seperti apa belum diketahui tetapi kedepan guru dan siswa lebih mengembangkan teknologi khususnya dalam kaitan komputerisasi,” tandasnya. (msi)

Editor: Yudiansyah