Masyarakat Dibekali Pengetahuan Awal Deteksi Penanganan Bencana

by -9 views
Masyarakat Dibekali Pengetahuan Awal Deteksi Penanganan Bencana
Masyarakat Dibekali Pengetahuan Awal Deteksi Penanganan Bencana
Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Akhiriyadi DB Susilo.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Sebanyak 125 orang dari unsur aparatur daerah, pemerintahan desa dan masyarakat se Kabupaten Beltim berkesempatan mendapat pembekalan penanganan bencana. Kegiatan yang diinisiasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut, merupakan kali pertama dilaksanakan di Pulau Belitung.

“Sebenarnya inti kegiatan hari ini adalah kita memberikan pembekalan awal terhadap deteksi dini penanggulangan bencana terhadap lapisan bawah aparatur desa, terlebih masyarakat yang ada di lingkungan desa,” ujar Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Akhiriyadi DB Susilo saat ditemui belitongekspres.co.id, Kamis (14/11) kemarin.

Kegiatan dibuka Wakil Bupati Beltim Burhanudin dengan menghadirkan narasumber dari BPBD Provinsi dan BMKG Tanjungpandan. Peserta kegiatan terdiri dari perwakilan Desa, Tagana Kabupaten Beltim, Unit Damkar BPDB Beltim dan perwakilan unsur masyarakat.

Akhiriyadi menjelaskan bahwa kegiatan yang berhubungan dengan pra bencana merupakan kegiatan berkesinambungan. Ada atau tidak ada bencana, kegiatan pra bencana harus dilaksanakan karena siklus bencana sulit diprediksi.

“Tahapan bencana secara siklus ada tiga yakni pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana. Nah yang akan terus berlangsung sepanjang waktu, kami merasa pra bencana inilah,” ujarnya.

Di dalam tahap pra bencana termasuk sosialisasi hingga pemberian informasi bagaimana upaya menanggulangi bencana. Minimal meminimalisir bencana, agar pada saat bencana bisa melakukan apa yang harus dilakukan dan diperbuat.

“Kegiatan ini secara penganggaran memang masih sedikit yang bisa ikut. Harapannya dari yang kami undang tentunya diberikan informasi awal nantinya bisa diteruskan ke yang lain terkait bagaimana nanti upaya untuk menanggulangi bencana,” terang Akhiriyadi.

Sejauh ini, kerawanan bencana di Provinsi Bangka Belitung sudah dipetakan. Adapun data kerawanan bencana yang telah disusun berdasarkan data dari tingkat terendah dan secara berjenjang diteruskan hingga Provinsi.

“Kita sudah tentukan dan petakan. Di BPBD Provinsi sudah memetakan bencana di tujuh Kabupaten Kota. Nah data ini tidak serta merta kami peroleh tanpa berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota. Dari sanalah kita jadikan kompilasi peta kerawanan bencana Provinsi Bangka Belitung,” tukasnya.

(Muchlis Ilham | belitongekspres.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *