Masyarakat Diminta Waspada Penyakit

by -

MANGGAR – Kabupaten Belitung Timur (Beltim), saat ini sudah memasuki musim penghujan. Diharapkan kepada semua masyarakat diminta agar meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit yang ditularkan melalui nyamuk seperti diare dan demam berdarah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan gotong royong membersihkan lingkungan melalui program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Jadi gotong royong untuk membersihkan lingkungan memang untuk program pemberantasan nyamuk demam berdarah,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Beltim, Muhammad Ikhsan, saat ditemui Belitong Ekspres di ruang kerjanya, Senin (14/12) kemarin.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga melakukan pemantauan langsung dan melaporkan kejadian secara periodik. Serta mengingatkan surveilans terhadap kemungkinan perkembangan penyakit-penyakit saat memasuki musim penghujan.

“Untuk sistem kewaspadaan dini terus kita jalankan, apalagi sekarang ada sistem online ke pusat. Kembali ke PSN secara logistik sudah siap, seperti abate. Untuk kasus seperti demam berdarah berbasis wabah sudah kita ingatkan ke kawan-kawan surveilans,” jelas Ikhsan.

Tidak hanya itu, koordinasi ke seluruh Puskesmas juga dilakukan melalui surat resmi. Terutama informasi penyakit yang bersifat wabah dan diprediksi meningkat.

“Koordinasi ke Puskesmas langsung kita ingatkan terutama hal-hal yang seperti ini. Misalnya kasus ini (penyakit, red) meningkat. Kalau tahun sebelumnya (2014, red) kita berkirim surat ke Desa melalui Puskesmas untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk,” paparnya.

Hanya saja, biasanya pihak Dinkes mengawali dengan melakukan penyelidikan epidemilogi yaitu pemantauan ke tempat ditemukan penyakit dan sekitar dengan radius 200 meter.

Menurutnya, penyakit demam berdarah ditularkan melalui nyamuk yang berkembang biak pada tempat-tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, tidak langsung terkena media tanah dan air cenderung bersih. Biasanya di dalam rumah, contohnya tampungan dispenser, vast bunga dan kulkas.

“Kami kembali mengingatkan masyarakat bahwa sudah musim penghujan, mesti diwaspadai penyakit DBD dan diare, masyarakat lebih meningkatkan PHBS. Perubahan musim, sangat rentan penyaki-penyakit tadi,” pungkasnya. (feb