Masyarakat Harus Pandai Memilih Travel

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Erwandi: Tanya Kepada yang Sudah berangkat Umroh

TANJUNGPANDAN – Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani meminta masyarakat harus pandai memilih travel untuk berangkat umroh. Salah satu caranya adalah bertanya dengan orang yang berpengalaman. Yaitu mereka yang sebelumnya sudah pernah berangkat dengan salah satu travel. Dengan demikian bisa bertanya tentang layanan dan fasilitas.

“Untuk masyarakat, walau ambisi umroh tapi paling tidak supaya kroscek kepada travel kejelasannya. Kita pembeli kalau untuk tahu pastinya kita tanya kepada orang yang berangkat Umroh dengan travel yang sama,” kata Erwandi dikediamannya, Kamis (29/1) kemarin.

Keresahan masyarakat saat ini diharapkan tidak berlangsung lama. Sebaiknya pihak travel yang bermasalah bertanggung jawab kepada calon jamaah yang batal atau tertunda diberangkatkan. Kalaupun batal berangkat, diharapkan dikembalikan dana yang telah dibayarkan, supaya masyarakat yang ingin umroh bisa mendaftar di tempat lain.

Baca Juga:  Target Wisman Bikin Menpar Arief Yahya Ketar-Ketir

“Karena ini niat masyarakat untuk umroh dan tidak semua orang mampu melakukan itu,” ujarnya.

Kemudian, ia berharap Kementerian Agama juga mesti turun tangan mendata travel dan menanyakan status legalnya. Meskipun perwakilan travel di pusat sudah melapor ke Kementerian Agama pusat, paling tidak juga harus terdata di kabupaten. Jadi kedepan, ketika masyarakat hendak umroh, Kementerian Agama punya data lengkap mengenai travel.

Baca Juga:  Rusak Terumbu Karang Laut Beltim MT ALEX Ganti Rugi Rp18,8 Miliar

“Saya berharap yang berwenang mengurus agama di kabupaten adalah Kementerian Agama paling tidak memanggil penyelenggara umroh.

Terpisah Kepala Kementerian Agama Kabupaten Belitung H Muhamadiah mengatakan sudah mulai mendata travel umroh yang ada di Belitung. “Ada baru mau kita kirim ke Kanwil,” kata Muhammadiah melalui pesan singkat.

Namun belum seluruhnya travel tersebut didata. Masih ada beberapa travel umroh yang belum terdata. “Ada datanya tapi belum semua travel umroh di Belitung melapor, kata Kasubag TU Kemenag Kabupaten Belitung Masdar Nawawi melalui pesan singkat. (ade)

Tags:
author

Author: