Masyarakat Jangan Mau Dipecah Belah

by -

PANGKALPINANG – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bangka Belitung (Babel), Brigjen Pol Gatot Subyaktoro meminta kepada seluruh masyarakat Bumi Serumpun Sebalai jangan mau dipecahbelahkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
“Jangan hanya karena perbedaan agama, kulit dan suku, sehingga menjadi perpecahan antar sesama kita. Justru perbedaan itu kita jadikan kebersamaan untuk menjaga Bumi Seumpun Sebalai dengan sumber daya alamnya yang kaya untuk kedamaian bagi kita semua,” pinta Kapolda seusai acara halal bihalal bersama Forkopinda dan tokoh agama di Mapolda, Selasa (28/7).
Ia meminta agar masyarakat selalu menjaga kebersamaan dan persatuan saling senasib dan sepenanggungan dalam satu wadah Provinsi Babel. “Mari kita jaga kebersamaan dan persatuan dalam wadah Bumi Serumpun Sebalai. Semua persoalan dapat diselesaikan dengan baik, tanpa harus ada kekerasan,” ujarnya.
Kapolda sendiri merasa salut terhadap ikatan persaudaraan di Babel. Sebab persaudaraan di Babel tidak memandang suku, agama, rasa dan antar golongan bersama-sama selalu melakukan kegiatan. “Harapan saya situasi dan kondisi di Babel terus seprti ini dan kembali saya ingatkan, siapapun yang datang dan menetap disini anggaplah mereka sebagai warga Babel yang sama-sama ingin membangun,” tukas kapolda.
Sementara Gubernur Babel Rustam Effendi mengatakan, saat ini masih dalam suasana bulan syawal untuk mempererat tali silaturahmi dan menjaga Bumi Serumpun Sebalai. “Kita melihat pemberitaan yang kurang bagus terjadi saat ini, dengan adanya  forum umat beragama dan tokoh masyarakat kita harapkan dapat memberikan kedamaian,” imbuhnya.
“Kita menyampaikan sosialisasi bahwa keamanan  tidak bisa ditawar-tawar di Bumi Serumpun Sebalai ini. Guna menjaga situasi yang kondusif, terlebih lagi dalam menghadapi pilkada serentak yang tidak lama lagi,” tambahnya.
Gubernur yakin apa yang disampaikan dalam acara ini dapat sampai ke masyarakat tingkat terbawah. Sehingga kejadian yang bertujuan untuk memecahbelahkan antar umat beragama, dapoat dihindari. “Saya selalu berharap agar kejadian yang terjadi di daerah lain yang berbau isu sara tidak terjadi di Babel. Mari kita jaga kedamaian di Bumi Serumpun Sebalai,” tandasnya. (cr62)