Mau Kuliah Gratis, Baca Ini!

by -

*Poltek DG Terima Jatah BeasiswaPak Yudhi Darma Poltek DGTANJUNGPANDAN-Informasi ini mestinya menarik bagi para lulusan SMA/SMK/MAN di Belitung dan Beltim yang berprestasi, tapi kesulitan biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi (PT). Sebab, Pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II (Kopertis) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Bangka Belitung membuka program beasiswa.

Salah satu PT di Belitung yang mendapat jatah untuk penempatan beasiswa PT yakni Politeknik Darma Ganesha, Belitung. Total jumlah siswa yang bakal mendapat beasiswa di Poltek DG tahun anggaran 2016 ini sebanyak 9 siswa atau mahasiswa.

Direktur Poltek DG Yudhi Darma kepada Belitong Ekspres, Selasa (12/4) kemarin mengatakan, Beasiswa Pendidikan Siswa Berprestasi Tidak Mampu bersumber dari Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Babel sebanyak 3 orang. Lantas dari Kopertis ada beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) bagi mahasiswa Poltek sebanyak 3 o

rang dan dan bantuan biaya pendidikan-peningkatan prestasi akademik (BPP-PPA) sebanyak 3 orang.

“Saya baca ada beberapa PT lain yang juga dapat jatah ini. Dan semestinya Dinas Pendidikan bisa menyosialisasikan ke sekolah-sekolah sehingga informasi bisa sampai dengan baik,’’ ujar Yudhi.

Menurut Yudhi, memang ada syarat-syarat yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendapat beasiswa ini. Di antaranya, memiliki prestasi akademik dibuktikan dengan nilai rapor. Kemduian, merupakan warga tidak mampu dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa. Lantas, siap Kulaih dan Berprestasi.

“Saya berharap para lulusan bisa memanfaatkan kesempatan ini. Dan kami Poltek DG akan menggelar Psikotes pada Minggu 17 April 2015, mendatang. Jika kurang jelas silakan ke Kampus Poltek DG di Jalan Sriwijaya,’’ papar Yudhi yang siap untuk mendidik calon-calon tenaga kerja andal melalui tiga jurusan yang diselenggarakan Poltek DG.

Ditambahkan, jika beasiswa ini tak dimanfaatkan para siswa-siswi, sayang disayangkan. Pasalnya, nanti akan ditarik lagi oleh Kementerian. Yang jelas, dana beasiswa ini berlaku tiap tahun terus di-up date, sehingga jika berprestasi, mahasiswa penerima beasiswa, bisa terus menikmati biaya pendidikan gratis.(mg1/agu)