Megawati Dijadwalkan ke Belitung

by -

*Hadiri Musda DPD PDIP, Tiga Nama Dikabarkan Jadi  Kandidat  Ketua

foto A- pdip musda

Foto A: ainul yakin/be
SAMBUT MUSDA: Sejumlah kader PDIP Belitung saat memasnag atribut partai berlambang banteng moncong putih di kawasan Jalan Sudirman Perawas, kemarin.

TANJUNGPANDAN-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bangka Belitung (Babel) bakal menggelar musyawarah daerah (musda), Rabu 11 Maret 2015 besok di Hotel Aston Belitung. Musda DPD PDIP Babel diperkirakan akan berlangsung dinamis menyusul munculnya tiga nama yang akan meramaikan bursa calon ketua DPD. Tiga nama tersebut yakni Rustam Effendi yang sekarang menjabat Guberbur Babel, Sekretaris DPD PDIP Babel Didit Srigusjaya dan Muhamad Irwansyah.

Ketua PAC PDIP Belitung Ratna Leli Pancawati ketika dikonfirmasi  Belitong Ekspres, Senin tadi malam (9/3)  menyatakan, pelaksanaan Musda DPD PDIP Babel ini untuk pemilihan Ketua DPD periode 2015-2020. “Kabarnya, Ketum PDIP, Bu Mega (Megawati Soekarnoputri,Red) dikabarkan akan datang dalam musda ini,” ujar Ratna.
Istri  Ketua DPRD Belitung Taufik Rizani ini mengatakan, hingga kini belum ada kabar siapa kandidat Politisi PDIP Belitung yang maju menjadi Ketua DPD PDIP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Tetapi, isunya ada tiga orang yang siap maju,” pungkasnya.
Menjelang kedatangan Megawati di Belitung, yang diperkirakan akan mendarat di Bandara HAS Hanandjoeddin, Rabu (11/3) besok, sejumlah atribut berlambang Banteng ini, dipasang di sepanjang Jalan dari Bandara menuju Tanjungpandan.
Menurut salah satu petugas pemasang atribut, yang identik dengan warga merah ini mengatakan, dirinya ditugaskan oleh DPC (Dewan Pengurus Cabang) Belitung, untuk memasang atribut ini.  “Kami mendapat info, Megawati akan datang ke Belitung, maka dari itu saya ditugaskan untuk memasang bendera-bendara ini,” ujarnya kepada Belitong Ekspres, Senin (9/3), kemarin.
Sementara itu, Ketua DPC PDIP Belitung Taufik Rizani sampai berita ini diturunkan belum bisa dikonfirmasi lebih jauh. Nomor hape Taufik Rizani yang dimiliki BE, coba dihubungi, namun belum bisa tersambung.
Terpisah, Kabag Ops Polres Belitung Kompol M Nizar seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara membenarkan, adanya informasi tersebut. Menurut Kabag Ops Presiden Ri keempat itu akan datang ke Belitung, Rabu (11/3) besok. Hanya jamnya belum diketahui tepatnya, yang pasti pagi hari Megawati sudah datang ke Belitung menuju ke acara musda.
“Saat ini kami masih rapat mengenai pengamanan tersebut. Kami masih belum bisa pastikan, berapa personil yang terlibat dalam pengamanan ini. Yang pasti, setiba di Bandara HAS Hanandjoeddin  kita akan kawal sampai ke lokasi musda,” ujar Kompol Nizar.
Sementara seperti diberitakan sebelumnya, Sekretaris DPD PDIP Babel, Didit Srigusjaya mengatakan, ada tiga calon Ketua DPD PDIP Babel yang sudah melakukan tes seleksi. Selain dirinya terdapat dua nama lainnya yakni Rustam Effendi dan Muhamad Irwansyah.
“Tiga calon ketua DPD PDIP Babel ini sudah mengikuti tes di Medan beberapa hari lalu, yakni tes tertulis dan tes wawancara yang digelar selama satu hari. Namun ketiga calon ini apakah akan dicalonkan semua, hanya dua atau satu yang bakal dicalonkan semua itu merupakan hak dari DPP PDIP,” ujar Didit, beberapa waktu lalu.
Didit menjelaskan, terdapat beberapa item yang ada dalam tes yang meliput internal dan eksternal partai. Ketiga calon memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai ketua DPD PDIP Babel.
“Saya bersama Bapak Rustam Effendi dan Muhammad Irwansyah, sama-sama mempunyai peluang untuk menjadi ketua DPD PDIP Babel. Ketiga calon ini saya yakin memiliki visi dan misi untuk membesarkan PDIP di Babel pada Pemilu 2019 mendatang serta tahapan-tahapan pilkada,” tegasnya.
Didit enggan membeberkan program kerja apabila nanti terpilih sebagai ketua DPD PDIP Babel, namun dirinya siap mengembankan tugas dan amanat jika nanti terpilih. “Kompetisi yang kita lakukan ini bukan untuk memecahbelahkan PDIP, tetapi memperkuat jati diri partai. Siapa pun nanti terpilih sebagai ketua harus kita dukung, sebab itu merupakan konvensi politik,” imbuhnya.
Menurut Didit, kecil kemungkinan terjadi jika salah satu calon terpilih sebagai ketua, sementara dua calon yang lain diangkat sebagai sekretaris dan bendahara. Karena masing-masing merupakan kompetitor.
Selain ketiga calon tersebut, nama Rudianto Tjen juga diusulkan oleh pengurus DPC dan PAC untuk ikut dalam pemilihan ketua DPD. “Nama Pak Rudianto Tjen juga masuk bursa pencalonan yang diusulkan oleh pengurus DPC dan PAC, tetapi beliau tidak diizinkan DPP. Saya kurang tahu, apakah menyangkut jabatan beliau di DPP PDIP. Namun yang pasti nama Pak Rudianto Tjen diusulkan,” tandasnya. (mg2/kin/rb)