Melalui Water Sport, Jet Ski Safari Belitung Siap Majukan Pariwisata

by -
Melalui Water Sport, Jet Ski Safari Belitung Siap Majukan Pariwisata
Pengelola Jet Ski Safari Belitung, Peter Cianata dan Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri bersama rombongan menjajal Jet Ski di perairan Pulau Lengkuas. foto ist

Pemda Akan Buat Event Jet Ski Internasional

belitongekspres.co.id, SIJUK – Jet Ski Safari Indonesia hadir di Belitung dan siap memajukan sektor pariwisata di Negeri Laskar Pelangi. Untuk memperkenalkan kepada masyarakat, Jet Ski Safari Belitung menggelar Grand Opening di RM Sian Lie Pohon Ketapang, Sabtu (25/7) akhir pekan lalu.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung pengurus BRP Indonesia Hendry Zhang, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono, Kepala Pengadilan Negeri Tanjungpandan Himelda Sidabalok.

Selain itu juga hadir Anggota DPRD kabupaten Belitung Vina Cristyn Ferani ?dan juga Puteri Indonesia 2015 yang merupakan CEO Jet Ski Safari Indonesia Anindya Kusuma Putri. Pada grand opening akhir pekan lalu, mereka juga mencoba langsung mengelilingi pulau-pulau yang ada di seputar Tanjung Kelayang.

Pengelola Jet Ski Safari Belitung Peter Cianata mengatakan, ide awal membuat usaha ini lantaran ingin memajukan sektor pariwisata di Belitung. Khususnya water sport (olaharga air). Sebab, saat ini masih belum ada di Negeri Laskar Pelangi.

Saat ini, masyarakat sudah bisa menikmati olahraga air tersebut. Dengan harga Rp 200 ribu, pengunjung sudah bisa menyewa jet ski ini. Apalagi setelah grand opening, dia memberikan harga promo. “Langsung saja datang ke RM Sian Lie Pohon Ketapang. Mumpung ada promo. Untuk waktunya kita buka mulai pagi hingga sore hari,” kata Peter.

Peter menjelaskan, untuk pemula akan dipandu langsung oleh guide. Pengunjung akan dibimbing langsung sampai lancar. Setelah itu, akan dilepas. Untuk rute pemula, dimulai dari RM Sian Lie hingga ke Lengkuas. “Tapi untuk yang sudah profesional, bisa langsung dari RM Sian Lie hingga ke Pulau Leebong. Tentunya kita tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk jet ski yang akan disewakan ada sebanyak lima unit. Bahkan, barang tersebut merupakan keluaran terbaru tahun 2020. Sehingga dia memastikan tidak akan trouble (masalah) saat melaju di tengah laut.

“Kalau bekas nanti kita takut troubel. Dalam hal ini kita lebih mementingkan safety. Bahkan guide akan mengawasi secara langsung. Sehingga ketika terjadi sesuatu, mereka langsung tanggap,” pungkasnya.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, hal ini merupakan ide gila yang dilakukan oleh sang pengelola, yakni Peter. Sebab di tengah pandemi Covid-19, pengusaha Belitung ini berani berinvestasi di bidang pariwisata.

Bahkan jumlahnya tak tanggung-tanggung hingga miliaran rupiah. Isyak menjelaskan, sektor pariwisata ke depan akan semakin maju. Apalagi hadirnya Jet Ski Safari Belitung. Tentunya fasilitas semakin lengkap.

“Ke depan kita akan mendukung Program-program yang memajukan pariwisata. Termasuk jet ski. Bahkan nanti kita akan membuat event internasional untuk mendatangkan penghobi Jet ski di seluruh dunia,” kata Isyak.

Seperti lomba main jet ski. Tentunya dia akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengurus yang ada di Belitung dan pusat. Bahkan sebelumnya dia telah mengajukan Belitung menjadi tuan rumah event jetsky nasional.

“Kemarin kita sudah ajukan. Bahkan sudah menyiapkan anggaran Rp 1 miliar untuk pengadaan jet ski. Namun karena kita telat dan kendala Covid-19, akhirnya acara diundur,” jelas Isyak.

Isyak menjelaskan, dirinya sudah mencoba langsung mengelilingi pulau-pulau di Tanjung Kelayang dengan menggunakan jet ski. “Adanya jet ski ini sensasinya nambah. Sebab kita bisa langsung melihat langsung kejernihan air dan melihat keindahan pulau-pulau secara langsung dan kita sebagai pilot-nya. Yakni menggunakan jet ski,” ujarnya.

Sementara itu, pengurus BRP Indonesia Hendry Zhang mengatakan, di Belitung sangat cocok untuk bermain jet ski. Sebab hampir seluruh pantai di Belitung ombaknya tidak terlalu besar, dan tempat-tempatnya sangat bagus. “Kita sudah melihat sendiri. Di Pantai Tanjung Kelayang dan pulau-pulau sangat bersih. Bahkan tidak ada sampahnya,” kata Hendry.

Untuk memastikan kondisi perairan di Belitung aman buat jet ski, dia bersama Peter dan Anindya sudah mengelilingi perairan Belitung. Seperti Pulau Leebong hingga ke Manggar Belitung Timur menggunakan jet ski.

“Ombaknya tidak terlalu tinggi. Bahkan tidak ada kendala. Untuk di Belitung kami optimis pariwisata bisa lebih maju. Sebab adanya jet ski membuat pariwisata lebih hidup,” tandas Hendry. (adv/kin)