Memprihatinkan, 7 Remaja Kembali Diciduk

by -

*Ada yang Tenggak Miras dan Asyik Pacaran
*Dua Diantaranya Masih Bersatus Pelajar SMP

hukum-kriminal-edisi-27-maret-2017-Remaja-miras
Sejumlah remaja yang ketangkap mengkonsumsi Miras saat diberikan pembinaan oleh petugas Satpol PP Belitung. Foto: Reza | belitongekspres.co.id

TANJUNGPANDAN – Fenomena kenakalan remaja di Kabupaten Belitung semakin kini memprihatikan. Setiap kali Satpol PP Belitung melakukan patroli rutin selalu mendapati para remaja sedang mengkonsumsi minuman keras (Miras) dan asik pacaran tengah malam. Mereka pun seperti tak pernah jera meski sudah sering digelandang petugas Satpol PP.

Pada malam minggu kemarin, Satpol PP Belitung kembali menciduk 7 orang remaja. 5 orang di antaranya sedang mengkonsumsi Miras dan 2 orang lainya diamankan saat memadu kasih hingga larut malam sekira pukul 23.00 WIB.

Ketujuh remaja ini terjaring dari tiga lokasi berbeda. 4 orang di Jalan Endek Tanjungpandan, 1 orang lagi di Jalan Pak Mangga Kelurahan Pangkallalang yang masih berstatus pelajar SMP. Sedangkan pasangan kekasih diamankan saat bermesraan di tempat wisata Danau Biru Desa Air Rayak.

Kasi Operasional Satpol PP Belitung Suparudin kepada Belitong Ekspres mengatakan, pada saat mau diamankan anggota patroli Satpol PP pasangan kekasih ini berbelit-belit menolak untuk dibawa ke kantor Satpol PP, bahkan sempat berusaha kabur.

“Alasan mereka mau mencari abangnya yang sedang mabuk di situ. Kejadian tersebut sekira jam 23.00 malam. Setelah kita cek ternyata perempuan berinisial (SI) tersebut masih duduk di bangku SMP,” jelasnya.

Menurut Saparudin, setelah dilakukan pembinaan serta dibuatkan surat pernyataan, orang tua dariĀ  pasangan ini juga dipanggil ke Kantor Satpol PP untuk diberikan penjelaskan. Dirinya sangat prihatin melihat hal ini, apa lagi SI masih duduk di bangku SMP. “Masa depannya SI masih panjang dan cerah, janganlah berkeliaran tengah malam apa lagi dengan seorang pria yang bukan muhrim nya,” katanya.

Kata Suparudin pihak keluarga (SI) yang diwakili oleh kakeknya mengucapkan terimakasih atas informasi dan pembinaan yang lakukan kepada cucunya tersebut (SI-red). “Setelah kita panggil dan kita jelaskan kejadianya beliau (Kakek-red) sangat berterimakasih karena sudah memberikan pembinaan kepada cucunya itu,” ungkap Saparudin.

Sementara itu AR seorang remaja SMP asal Tanjungpandan, juga tak berkutik saat diamankan oleh anggota patroli Satpol PP di Jalan Pak Mangga Kelurahan Pangkallalang. Saat itu remaja ini sedang menenggak Miras arak di pinggir jalan. Bahkan, setelah dilakukan penyisiran di lokasi tersebut ditemukan satu papan obat penenang jenis Tramadol.

Remaja salah satu SMP di Tanjungpandan ini, nampak seperti orang linglung alias bingung saat diajukan beberapa pertanyaan oleh Kasi Ops Satpol PP. “Cuma minum arak saja, dulu sih ngisap lem aibon sekarang udah tidak lagi. Kalau obat tramadol saya baru konsumisi dua kali. Lagi sial saya kena tangkap, kawan-kawan yang lain pada kabur semua,” katanya.

Sedangkan, 4 remaja lainnya diamankan petugas Satpol PP di Jalan Endek sekitar area Pasar Ikan Tanjungpandan saat mereka tengah duduk dan asik minum-minum di pinggir jalan.

“Semua remaja yang ditangkap ini, kita data dan kita buatkan surat pernyataan jika mereka kembali tertangkap akan kita berikan sanksi yang tegas,” tegasnya.

Suparudin berpesan, khusus kepada orang tua supaya jangan lalai untuk mengawasi dan menjaga anak-anak mereka terutama yang masih remaja atau duduk di bangku sekolah. Sehingga, nanti anak-anak mereka tidak terjerumus ke perbuatan negatif yang bisa merugikan dirinya sendiri dan orang lain. (rez)