Menpar Arief Yahya: Jangan Lagi Lulusan STP Hanya Jadi Karyawan

by -2 views

stp nusa dua
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mendesak lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua untuk menjadi enterpreneur, bukan karyawan atau profesional yang dibayar tinggi.

“Ciptakan lapangan kerja baru di sektor pariwisata,” kata Menpar Arief Yahya. “Untuk lulusan STP Bali, yang diperlukan menjadi enterpreneur pariwisata hanya keberanian, karena pariwisata telah menjadi kehidupan sehari-hari.”

Saat ini, 30 sampai 40 persen alumni STP Nusa Dua dan Akademi Pariwisata (Akpar) diserap perusahaan asing. Sisanya diserap perusahaan lokal dan domestik.

Jadi, masih menurut Menpar Arief Yahya, hampir seluruh lulusan STP Nusa Dua terserap ke pasar tenaga kerja dalam dan luar negeri. Kelak, ketika industri wisata sedemikian kuat, bukan tidak mungkin STP Nusa Dua hanya pemenuh kebutuhan pasar tenaga kerja.

“Alangkah sangat bagus jika ada lulusan STP Nusa Dua yang menciptakan lapangan kerja sendiri, atau lapangan usaha baru,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya juga telah menjalin kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk mencari skema pembiayaan bagi pengusaha baru di sektor pariwisata. Yang harus diingat adalah start up tidak mudah, dan 95 persen start cup company gagal.(be)