Menparekraf Pastikan Indonesia Triatlhon Series 2021 Digelar di Belitung

by -
Menparekraf Pastikan Indonesia Triatlhon Series 2021 Digelar di Belitung
Menparekraf RI Sandiaga Uno saat melakukan uji coba Triathlon di Belitung, Sabtu (6/2).

belitongekspres.co.id, SIJUK – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kesiapan Kabupaten Belitung untuk menggelar Indonesia Triathlon Series 2021 pada Maret 2021 mendatang. “Saya menilai race untuk Maret di Belitung siap untuk dilaksanakan,” kata Sandiaga Sabtu (6/2).

Menurut Sandiaga, penyelenggaraan event Indonesia Triathlon Series 2021 di Belitung diharapkan dapat membangkitkan pariwisata, meningkatkan ekonomi kreatif, dan memulihkan ekonomi Bangka Belitung pasca pandemi Covid-19. “Mudah-mudahan semua lancar untuk membangkitkan pariwisata dan meningkatkan ekonomi kreatif,” sebutnya.

Dalam kunjungan ke Belitung, Menteri Sandiaga Uno juga melakukan uji coba triathlon dengan berenang sejauh 350 meter di Pantai Sheraton Hotel, bersepeda sejauh 33 kilometer dan berlari sejauh tiga kilometer di KEK Tanjung Kelayang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Simulasi atau uji coba triathlon ini menunjukkan bahwa Belitung merupakan salah satu tempat terbaik untuk dijadikan venue triathlon series,” ujar mantan Cawapres RI yang berpasangan dengan Anies Baswedan itu.

Sandiaga menambahkan, didukung dengan laut yang sangat jernih dan arus pantai yang cukup menantang, serta jalanan yang mulus menjadikan Kabupaten Belitung sebagai salah satu destinasi terbaik di Indonesia.

“Ini kali ketiga saya “open water swimming” di Belitung dan saya juga sudah melakukan “open water swim” di beberapa destinasi yang ikonik di Indonesia dan menurut saya bisa dikatakan bahwa Belitung salah satu yang terbaik,” tandasnya.

Ketua Indonesia Triathlon Series, Arian Lukman, mengatakan jumlah peserta pada seluruh seri Triathlon Indonesia Series 2021 akan dibatasi. “Mulai secara perlahan dari 50 orang, kemudian seri kedua akan dilakukan di Kota Kendari juga masih 50 orang lalu di Palembang direncanakan sebanyak 75 – 100 peserta,” terangnya.

Dirinya juga memastikan, pelaksanaan Indonesia Triathlon Series 2021 akan menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat. “Semua persiapan akan kita mulai pelan-pelan dari jaraknya yang singkat, kemudian pesertanya yang semakin ditambah, namun jaraknya tetap sesuai dengan standar prokol kesehatan. Jadi, memang event-event olahraga lainnya akan kita batasi sampai situasi pandemi membaik,” sebutnya.

Sementara Bupati Belitung H. Sahani Saleh mengatakan, saat ini pihaknya sedang menjajal kesiapan pelaksanaan Triatlhon di Belitung akan digelar pada bulan Maret 2021 mendatang. “Rencananya insyaallah RI 1 (Presiden Jokowi) akan datang, sekaligus meresmikan KEK Tanjung Kelayang nantinya,” ujar Sahani Saleh. (dod)