Menteri: Jaga Kebersihan Lengkuas

by -

*Pesan Menteri Pariwisata Saat Kunjungi Posko Kesehatan KKN di Pulau Lengkuas

foto A- oke posko kesehatan 2

Foto a- : ist

POS KESEHATAN: Sejumlah mahasiswa KKN saat melakukan penanganan pada turis yang kakinya terluka akibat menginjang batu karang tajam, INSERT: Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Belitung Sahani saleh beserta sejumlah pejabat Pemkab saat foto bersama.

SIJUK- Tim mahasiswa KKN UGM Tanjung Binga membuka posko kesehatan di Pulau Lengkuas selama momen Lebaran 1436 H tahun ini. Program KKN UGM itu nampaknya menjadi program pertama di Pulau Lengkuas yang biasanya padat pengunjung selama musim liburan Lebaran dan libur sekolah. Yang membanggakan, Posko Kesehatan ini sempat dikunjungi Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Belitung Sahani Saleh serta sejumlah pejabat Pemkab Belitung.

Humas tim KKN UGM Luthfia melalui irilisnya menyampaikan, di musim libur sekolah dan hari raya, jumlah pengunjung meningkat hingga sepuluh kali lipat dari hari biasa. Namun banyaknya jumlah pengunjung tidak imbangi dengan fasilitas-fasilitas yang memadai, contohnya saja fasilitas kesehatan.

Fakta ini, lanjut dia, memotivasi mahasiswa KKN UGM Tanjung Binga untuk memberikan bukti nyata pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan program posko kesehatan di Pulau Lengkuas. Program ini bekerjasama dengan anggota Karang Taruna Tanjung Binga dan tim KKN UGM Tanjung Tinggi.

Posko kesehatan Pulau Lengkuas ini diadakan mulai H+3 lebaran, yaitu tanggal 19 Juli, mulai jam 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Selain dukungan tenaga dari warga masyarakat, program posko kesehatan ini juga didukung oleh XL, Hotel Bahamas, dan Hotel Lor Inn serta Belitong Ekspres. Ketiga pihak ini peduli terhadap kenyaman dan keamanan pengunjung pulau Lengkuas.

Tujuan utama pendirian posko kesehatan ini adalah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung. Selain itu, sebagai antisipasi dan pertolongan pertama bagi kecelakaan di lokasi pantai.

“Seluruh pengunjung atau wisatawan lokal maupun mancanegara di pulau Lengkuas dapat dengan gratis menggunakan fasilitas di posko kesehatan. Selain itu posko kesehatan juga melayani pengecekkan tensi darah (blood preasure) secara gratis. Sebagian besar pengunjung yang mendatangi posko kesehatan mengeluhkan tentang mabuk laut ataupun lecet dan luka terkena karang,’’ ungkapnya.

Pengunjung yang ingin meminta penanganan kesehatan dapat langsung mendatangi posko kesehatan KKN UGM Tanjung Binga yang terletak di dekat pintu masuk mercusuar. Pada hari pertama dan kedua, telah mencapai lebih dari 100 pasien yang mendatangi posko kesehatan dengan berbagai macam keluhan kesehatan.

Pada hari pertama pendirian, posko kesehatan dikunjungi oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan keluarga. Nampak mendampingi Menteri, Bupati Belitung Sahani Saleh dan sejumlah pejabat Pemkab.

“Beliau (Menteri Pariwisata,Red) berpesan untuk selalu menjaga kebersihan Pulau Lengkuas karena di musim liburan seperti ini sangat rentan dengan sampah yang berserakan di mana-mana. Kebersihan adalah salah satu tolak ukur kenyamanan bagi wisatawan,’’ ujar . Luthfia mengutip pernyataan Menteri yang diiyakan oleh Bupati.(agu/kkn)