Menteri Susi Ingin Puing Kapal Dijadikan Rumpon

by -

//DKP Belitung: Anggaran Penarikan Puing Kapal Sudah Diusulkan

foto A. puing kapal sitaan di pelabuhan belakang kantor DKP Belitung (2)

Foto: Puing-piung kapal sitaan yang mangkrak di Pelabuhan, tepatnya di belakang Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Belitung.

TANJUNGPANDAN – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyayangkan keberadaan puing kapal bekas sitaan yang nangkring di pelabuhan tepat di belakang Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Belitung.

Susi melihat langsung dan sedih, karena kapal nelayan tidak bisa sandar. Susi menyarankan puing kapal itu ditarik ke laut untuk dijadikan rumpon.

“Kita cari jalan, ditarik ketengah biar jadi rumpon ikan sekalian,” kata Susi didampingi Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) saat meninjau Pelabuhan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Belitung, Senin (19/10).

Menggapi hal itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Belitung Firdaus Idhamsyah menjelaskan pertama kapal yang menghalangi dermaga adalah hasil tangkapan.

“Ini barang sitaan negara, kemarin sudah dilelang kejaksaan sama badan lelang di Pangkal Pinang,” kata Idham.

Tuannya atau pemiliknya hanya mengambil mesinnya dan kayu. Sementara kapalnya dibiarkan di situ (pelabuhan,red). DKP sudah berupaya mengirimkan surat kepada pemiliknya itu. Malahan Kata Idham suratnya balik lagi karena tidak sampai tujuan.

Rencananya ke depan kapal itu akan dibersihkan dengan cara ditarik untuk dijadikan rumpon. DKP sudah mengusulkan penganggaran penarikan melalui anggaran perubahan. Tapi saran Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung agar diupayakan dulu hubungi pemiliknya, ditakutkan ada yang komplen. Saat ini upaya yang dilakukan akan mengumumkan kembali melalui media.

“Sebenarnya untuk anggaran perubahan sudah kita usulkan. Kita upayakan dulu hubungi pemiliknya. Coba kita surati lagi, kita upayakan maksimal dengan saran pak kapolres ninjau kesini juga, kata Idham. Idham mengatakan direncanakan tahun depannya lagi akan dianggarkan di APBD induk. (ade)