Menuju Belitung Smart Island, APDESI Dukung Program Desa Digital

by -
Menuju Belitung Smart Island, APDESI Dukung Program Desa Digital
Ketua APDESI Kabupaten Belitung, Mulkan.

belitongekspres.co.id, SIJUK – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( APDESI) Kabupaten Belitung mendukung Program Desa Digital yang telah resmi diluncurkan di Gedung Serbaguna Tanjungpandan, Selasa (2/2) kemarin. Desa Digital dilaunching dalam rangka menuju Belitung Smart Island.

Pemerintah Kapupaten (Pemkab) Belitung melaunching empat aplikasi pada program Desa Digital tersebut. Diantaranya Siskeudes Online, Transaksi Non Tunai, Website Desa dan Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat (Sipmas) Desa.

“Berkenaan dengan launching itu, kita siap atau tidak, memang harus mengikuti aturan, secara umum itu untuk mempermudah pekerjaan di desa,” kata Ketua APDESI Kabupaten Belitung, Mulkan kepada Belitong Ekspres, Rabu (3/2) kemarin.

Menurut Mulkan, semua pekerjaan yang selama ini mungkin sedikit sulit, ke depannya akan lebih mudah dengan adanya program Desa Digital ini. Salah satunya terkait dengan transaksi nontunai. “Biasanya kades dan kaur keuangan yang biasa bawa duit cash jumlah banyak, sekarang tidak perlu lagi, tinggal transaksi non tunai,” jelasnya.

Kemudian aplikasi Sipmas Desa, itu juga sangat baik sekali untuk mempermudah masyarakat. Dan masyarakat bisa melihat secara keseluruhan, sehingga secara transparan. “Kita Apdesi sangat mendukung sekali lah dengan adanya Desa Digital ini, di era ini kita harus menyesuaikan, yang intinya untuk mempermudah pekerjaan,” tukasnya.

Dikatakan Mulkan, sebelumnya rencana penerapan program ini sudah disosialisasikan jauh-jauh hari dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung.

“Semua itu sudah disosialisasikan ke semua desa. Jadi tidak terkejut dan targetnya 2021 harus jalan dan kami siap, walaupun pasti adanya penyesuaian, karena ini hal baru. Tapi pada dasarnya semua desa siap untuk melaksanakan ini,” sebutnya.

Ke depan apabila ada kesulitan atau hambatan dalam penerapan program Desa Digital ini, tentunya pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran terkait. Yakni, DPPKBPMD, Dinas Komunikasi dan Informatika serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung. “Kita tidak bisa mengandalkan cari tahu sendiri, intinya semuanya harus berkerjasama,” tandasnya. (dod)