Meriahnya Karnaval Bunga Beltim Indah 2015

by -

foto A bw

Foto: Salah satu peserta pawai bunga saat melintas di ruas jalan Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Manggar

MANGGAR – Sebanyak 27 regu perwakilan dari berbagai SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengikuti Karnaval Bunga Beltim Indah 2015 di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kecamatan Manggar, Sabtu (22/8) pekan lalu.
Seluruh peserta diwajibkan memakai aksesoris atau kostum yang memiliki oranamen bunga. Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Beltim ini merupakan kerjasama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim dan Indonesia Kreatif.
Sebelum mulai pawai, para peserta diberikan waktu dua jam untuk mendandani diri dengan dibantu oleh teman-temannya. Peserta dilarang berhias dari rumah tetapi harus melakukannya di tempat pendaftaran yakni di Panggung Pantai Nyiur Melambai.
Tepat pukul 16.30, para peserta mulai jalan dengan mengambil rute dari Pantai Nyiur Melambai, menuju ke Lalang Atas, terus belok ke Gang Durian, dan kembali lagi ke Pantai Nyiur Melambai. Selain diikuti oleh peserta karnaval pawai juga melibatkan puluhan anak-anak sekolah yang membawa bendera merah putih sepanjang 50 meter.
Manajer Even Organizer (EO) Indonesia Kreatif, Jakarta Simon mengungkapkan kegiatan ini masih dalam rangkaian  peringatan 70 tahun HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Beltim.
“Kita ambil tema karnaval bunga karena bangsa kita adalah bangsa yang memiliki keindahan dan keragaman bunga-bunga dari seluruh negeri. Kita ingin tunjukan kepada dunia bahwa negara kita kaya dengan itu semua,” ungkap Simon.
Simon yang didampingi oleh Koordinator Acara, Vannesia mengatakan seluruh peserta hanya boleh diikuti oleh para siswa SMP dan SMA sederajat mengingat acara ini bertujuan untuk mengenalkan kepada generasi muda tentang budaya dan semangat HUT Kemerdekaan.
“Kita ingin menanamkan kepada mereka tentang semangat para pejuang dulu sekaligus mengingatkan kepada mereka bahwa bangsa kita adalah bangsa yang kaya,” ujar Simon. (feb)