Beltim Tetap Ajukan Kuota CPNS

by -

Meski Moratorium Penerimaan CPNS Belum Dicabut

MANGGAR – Penerimaan CPNS tahun 2016 sepertinya masih dimungkinkan dibuka Kemenpan RB. Sayangnya, 224 Kabupaten/Kota yang tersebar di 27 Provinsi se Indonesia dipastikan tidak mendapatkan kuota penerimaan karena belanja pegawai daerah di atas 50 persen dalam APBD.
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk salah satu Provinsi yang gagal mendapat kuota penerimaan CPNS. Namun kabar baiknya, hanya satu Kabupaten yang belanja pegawai daerahnya diatas 50 persen. Sisanya berkemungkinan masih terbuka melakukan penerimaan CPNS meskipun belum ditentukan kapan akan dilaksanakan.Mengutip sumber berita www.pendidikanindonesia.com, Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatmaja, menyatakan hanya ada 13 Provinsi yang belanja pegawai daerah diatas 20 persen.
Karenanya, kata Setiawan, Kemenpan-RB akan menolak usulan penambahan pegawai bagi Kabupaten/Kota yang belanja pegawainya masih tinggi. Kuota akan diberikan lagi jika daerah-daerah itu mampu menurunkan belanja pegawai.Menanggapi hal itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Erna Kunondo mengatakan hingga kini belum ada informasi apapun terkait penerimaan CPNS. Ia menyatakan moratorium CPNS belum dicabut hingga saat ini.
Ia juga tidak berani berkomentar jatah penerimaan CPNS dikaitkan dengan belanja pegawai daerah yang akan ditunda apabila diatas 50 persen.
Kendati demikian, pengajuan kebutuhan PNS Kabupaten Beltim tetap disampaikan BKD Beltim. Mengacu pada kesesuaian kebutuhan PNS di daerah yang memerlukan banyak tenaga teknis, kesehatan dan pendidikan.
“Yang kita ajukan ada 847 formasi. Jumlah tersebut berdasarkan pengajuan tahun 2015 lalu, tapi karena moratorium belum ada kelanjutannya,” ujar Erna kepada wartawan, Jum’at (11/3) pekan lalu.
Ia menambahkan, informasi penerimaan CPNS memang sempat terdengar akan dibuka pada bulan Maret. Hanya saja, kepastian tersebut belum diterima daerah.
“Berdasarkan rapat kerja terakhir di Makasar, bulan Maret ada rekrut CPNS. Tapi belum ada kepastian dari Kemenpan RB. Mudah-mudahan ada karena kita masih membutuhkan pegawai,” pungkas Erna.
Sekedar informasi, Kabupaten Beltim memang masih minim jumlah PNS struktural maupun fungsional. Hingga saat ini, kebutuhan tenaga staf di Pemkab Beltim didukung tenaga PTT yang disebar di seluruh SKPD. Tercatat, ada sekitar 1.700 PTT dan sisanya sekitar 1.200 berstatus PNS. (feb)