Mindset Serba Istant Masih jadi PR

by -

*Sanem Tak Ingin Belitong Masyarakat Tersingkirkan

TANJUNGPANDAN – Untuk kemajuan pariwisata Belitong, juga menghadapi MEA 2015, Pemerintah Kabupaten Belitung masih memiliki PR menjamin masyarakat Belitong tidak tersingkir.

Menanggapi itu, Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengatakan sudah membicarakannya ketika bertemu dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI Prof Dr Sri Adiningsih ketika berkunjung ke Belitung.

“Belitung ini akan dibicarakan dewan pertimbangan presiden dengan presiden langsung. Terutama pengembangan pariwisata kita, kedua bagaimana masalah kemaritiman, juga bagaimana pemberdayaan masyarakatnya,” kata Sanem, Jumat (4/9) pekan lalu.

Mindset masyarakat yang masih berfikir instan selepas peralihan dari tambang masih menjadi PR. Menurut Sanem, melalui program-program bantuan dari pusat, terutama pemberdayaan di bidang pariwisata akan dibantu pusat.

“Supaya betul-betul masyarakat tidak tersingkirkan, apalagi pemerintah mengembangkan kawasan industri akan terjadi persaingan,” tukasnya.

Beruntung semua owner hotel di Belitong adalah orang Belitong. Hal tersebut memberi kemudahan menyerap tenaga kerja hotel dari orang Belitung.

“Kebetulan owner orang Belitung, kalau bukan orang Belitung tidak akan mau mendidik orang Belitung sampai dua tiga bulan,” kata Sanem.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Belitung juga sedang merancang Raperda. Di dalam poinnya disebutkan, investor harus memakai tenaga kerja lokal minimal 50 persen.

“Tenaga kerja kita amanatkan, di hotel harus menyerap tenaga kerja kita,” pungkasnya. (ade)