Minimnya PJU Akibat Gagal Lelang

by -

*Pemda Targetkan Pemasangan PJU Tahun 2017 Selesai

TANJUNGPANDAN-Minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU) menuju tempat-tempat tujuan wisata, terutama di Kecamatan Sijuk ternyata hanya karena kendala teknis. Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung sempat mengalami gagal lelang saat ingin memperbaiki PJU di tahun 2016. Lantas, masalah yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat itu akan dilelang kembali pada tahun 2017.

“Rencananya tahun ini akan kita coba kembali, sebab tahun kemarin kita mau memperbaiki lampu sempat terjadi gagal tender. Mudah-mudahan tahun ini  tidak terulang kembali,” ungkap Bupati Belitung Sahani Saleh Kepada Belitung Ekspres, Kamis (12/1) di kantornya.

Kata Sanem sapaan akrab Bupati ini, sebagan dari masalah PJU kini sudah diselesaikan. Bahkan fakta di lapangan Pemda telah menyiapkan beberapa lampu baru yang nantinya akan segera dipasang. Tetapi untuk sementara waktu masih menunggu hasil lelang tersebut.

“Untuk teknisnya nanti ada di Dinas Perhubungan (Dishub), sebab Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) sekarang ini sudah tidak ada lagi. Saya harap tahun ini pelaksanaannya sudah bisa berjalan, sehingga masalah ini terselesaikan, dan Belitung menjadi terang,” ujarnya.

Sementara itu,Kepala Dishub Kabupaten Belitung Ayi Thamrin Arifin mengatakan, hingga kini pihaknya sudah melakukan survey di lapangan untuk penempatan titik lampu tersebut dan telah memasuki proses  persiapan dokumen. Dan, itu sedang dikerjakan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

“Saya harap di Bulan Februari tahap lelang sudah selesai, sehingga dalam waktu dekat lampu-lampu tersebut sudah terpasang. Sebetulnya lelang tidak ada kendala, justru penentuan titik lampu itulah yang  membuat kami sedikit kerepotan. Karena harus memperhitungkan tersedianya jaringan listrik dari PLN,” jelasnya.

Selain itu, ungkap Ayi, pihaknya juga masih memikirkan soal keamanan lampu apabila nantinya sudah terpasang. Sebab dari pengalaman yang sudah-sudah banyak lampu-lampu yang telah dipasang Batrenya dicolong (ambil) oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Belitung sekarang sudah menjadi tujuan wisata  nasional, bahkan manca negara. Namun demikian, saya himbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling mendukung. Kita juga harus memelihara  dan menjaga seluruh fasilitas yang sudah ada di tempat-tempat wisata. Agar wisatawan merasa nyaman dan aman ketika meniklmati suasana liburan di Belitung,” pungkasnya.

(mg2)