Minta Tidak Ada Sweeping

by -

    PANGKALPINANG – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bangka Belitung (Babel) Brigjen Pol Gatot Subiyaktoro meminta kepada ormas islam, agar tidak menggelar sweeping selama bulan suci Ramadhan. “Saya meminta kepada seluruh ormas Islam yang ada di Babel, agar jangan ada yang melakukan sweeping selama bulan suci Ramadhan,” kata Kapolda seusai upacara kenaikan pangkat golong terhadap 23 PNS di lingkungan Polda Babel, Rabu (17/6).
    Sebab menurut dia, permasalahan kamtibmas khususnya selama bulan suci Ramadhan merupakan tugas kepolisian. “Masalah keamanan dan ketertiban serta kenyamanan bagi umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa merupakan tugas kepolisian, jadi ormas tidak perlu melakukan sweeping,” ucapnya.
    Kapolda Menjelaskan, di bulan suci Ramadhan ini seluruh masyarakat diharapkan bisa saling menghormati umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. “Puasa ini kan kita harus saling menghormati, yang puasa menghormati yang tidak puasa dan sebaliknya yang tidak puasa menghormati yang umat muslim yang sedang berpuasa,” imbuhnya.
    Ia menambahkan, pihaknya juga akan mengawasi gerak-gerik ormas jika ada yang melakukan sweeping selama bulan Ramadhan. “Kita akan mengawasi jika ada ormas Islam yang melakukan sweeping terhadap rumah makan maupun tempat hiburan malam. Sebab itu akan mengganggu ketenteraman masyarakat,” jelasnya.
    Kapolda juga meminta kepada pengusaha atau pemilik rumah makan agar selama bulan Ramadhan, tidak membuka secara penuh rumah makannya. Sehingga tidak menjadi perhatian yang dapat mengganggu umat muslim yang sedang berpuasa. “Kalau pada siang hari ditutup pakai horden, supaya tidak terlihat mencolok oleh masyarakat yang lalu lalang. Selain itu jika membakar ikan atau ayam jangan di luar, sehingga aromanya sampai tercium orang yang sedang berpuasa,” pungkas Kapolda. (cr62)