Minum Komix Berlebihan Jelas Tak Baik

by -3 views

TANJUNGPANDAN-Obat batuk jenis Komix merenggut jiwa seorang remaja di Belitung Timur beberapa hari lalu. Hal ini tentu membuat miris masyarakat. Tak terkecuali Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dr Suhandri.

Menurutnya, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Meski obat yang digunakan pelaku tewas dijual bebas di toko-toko hingga ke kmpung-kmpung. Sebab, memang obat tersebut sudah direkomendasikan tidak berbahaya, karena dosisnya sesuai untuk tubuh alas aman dikonsumsi.

“Masalah obat, apapun jenisnya, apapun jenis makanan dan minuman yang sifatnya overdosis apapun tidak baik. Kalau dia sesuai antara obat dan penyakitnya itu tidak masalah,” kata Suhandri ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/8) kemarin.

Ia mencontohkan, misalnya jenis obat yang mengandung dengan dosis satu milligram aman. Tapi kalau dosis empat mili itu tidak boleh dikonsumsi masyarakat, kecuali dengan resep dokter.

“Memang beberapa obat batuk itu mengandung efek, tapi yang bebas terbatas itu (misal ngantuk,Red) sudah ada batas ambang yang bisa diterima oleh tubuh,” kata Suhandri.

Untuk mencegahnya peran serta masyarakat, orang tua mengawasi anak-anak mereka terhadap penyalagunaan di luar batas. “Misalnya kalau anaknya minum obat batuk sampai lima biji, kan perlu dicurigai,” tukasnya. (ade)